Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Hantam Karang, Kapal SB Tengiri 4 Tenggelam

Ahad 28 Jul 2019 19:50 WIB

Red: Agus Yulianto

Proses evakuasi kapal akan dilakukan esok hari menunggu cuaca cerah.

Proses evakuasi kapal akan dilakukan esok hari menunggu cuaca cerah.

Foto: Foto: Humas Ditjen Hubla
Kapal ini bermuatan sayur mayur sebanyak 2 ton menuju Batam.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM - - Kapal SB Tenggiri 4 dengan GT.12 tenggelam di perairan Pulau Tikus Kenipan, Kepulauan Riau, Ahadb(28/7) sekitar pukul 13.00 waktu setempat. Seluruh awak kapal yang berjumlah 4 orang termasuk nakhoda dilaporkan selamat usai dievakuasi oleh kapal penangkap ikan yang berada di sekitar lokasi.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, Junaidi mengatakan, kapal SB Tenggiri 4 tidak membawa penumpang hanya ada 4 orang awak kapal yang semuanya dalam kondisi selamat.

"Kami telah mendapat laporan musibah tersebut. Seluruh awak kapal  berjumlah 4 orang termasuk nakhoda selamat," kata Junaidi dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id.

Pada kejadian tersebut, kapal SB Tenggiri 4 yang dinakhodai oleh Abdul Jamil berangkat dari Pelabuhan Tanjung Buton pukul 08.30 waktu setempat dengan muatan sayur mayur sebanyak 2 ton menuju Batam. Sekitar pukul 13.00 waktu setempat, kapal SB Tenggiri 4 menghantam batu karang di perairan Pulau Tikus Kenipan, tepatnya di koordinat 0' 55'  35,3712 N dan 103' 19' 49,3287  E.

"Akibatnya kapal SB Tenggiri 4 tersebut bocor serta tenggelam," ujar Junaidi.

Adapun KSOP Tanjung Balai Karimun telah mengerahkan kapal Patroli KPLP KN.352 dan kapal patroli KPLP KN. V 60 dibantu juga oleh Kapal Polair Polres Karimun, dan kapal Polair Polda Karimun serta kapal Angkatan Laut yang juga turut membantu evakuasi kapal.

"Hingga saat ini kapal masih diusahakan untuk dilimbungkan namun kondisi sudah gelap sehingga kami memutuskan untuk melanjutkannya esok hari," ucap Junaidi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA