Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Pemkot Bekasi Pungut Retribusi Parkir Alfamart dan Indomaret

Rabu 24 Jul 2019 16:01 WIB

Rep: Febriyan A/ Red: Dwi Murdaningsih

Seorang kasir melayani pelanggan satu outlet minimarket Alfamart di Jalan MH. Thamrin, Cikokol, Tangerang, Kamis (9/4).

Seorang kasir melayani pelanggan satu outlet minimarket Alfamart di Jalan MH. Thamrin, Cikokol, Tangerang, Kamis (9/4).

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Uang parkir akan masuk ke Pemkot Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi terus berupaya untuk menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terbaru, pemkot berenca memungut retribusi parkir kepada pengunjung toko modern seperti Indomaret dan Alfamart.

"Kategorinya parkir on street, karena tidak pakai palang pintu," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Deded Kusmayadi ketika dikonfirmasi pada Selasa (23/7).

Deded mengatakan, petugas dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) telah melakukan penarikan terhadap pengunjung di sejumlah titik. Nilainya sebesar Rp 2.000 untuk masing-masing pengunjung yang memarkirkan kendaraanya.

Dedet menyebutkan, pendataan titik lokasi penarikan retribusi pajak masih terus dilakukan hingga saat ini. "Mudah-mudahan dua pekan lagi selesai," ujar Deded.

Deded menyampaikan, toko modern yang akan dijadikan lokasi penarikan tak memiliki klasifikasi khusus. Menurut dia, selama ada potensi pendapatan baik itu di area perumahan, perkampungan, sampai dengan jalan protokol akan ditarik.

"Sekarang ini ditarik atau enggak oleh pemerintah, mereka (pengunjung) membayar parkir kepada ormas, RT dan lainnya, daripada begitu mendingan dimasukkan ke pendapatan," ujar dia.

Ia menyebut kedepan tak hanya toko modern, sejumlah gerai yang berpotensi memberikan pendapatan daerah juga akan dipungut retribusi parkir. "Ini atas intruski Wali Kota atas potensi pendapatan dari sektor parkir," ujar dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA