Rabu 24 Jul 2019 13:41 WIB

UI Bekali Guru Depok Teknik Ortografi Arab untuk Usia Dini

30 guru Paud di Kecamatan Pancoran Mas Depok dilatih ortografi Arab.

Pelatihan Ortografi Arab oleh Fakultas Ilmu Budaya UI, di Depok, Senin (22/7)
Foto: Dok istimewa
Pelatihan Ortografi Arab oleh Fakultas Ilmu Budaya UI, di Depok, Senin (22/7)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia mengadakan pengabdian masyarakat berupa pengajaran teknik ortografi Arab untuk anak usia dini. 

Kegiatan yang berjudul "Pengajaran Teknik Ortografi Arab untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini pada Lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD) ini berlangsung di Kecamatan Pancoran Mas Depok pada Senin (22/7). 

Baca Juga

Ketua Tim Pelaksana, Suranta, mengatakan kegiatan yang berlangsung di Auditorium  Gedung IV Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia ini bertujuan mengenalkan teknik ortografi yang ramah dan mudah bagi anak-anak pendidikan usia dini (Paud) sehingga dapat menstimulasi motorik halus anak-anak secara optimal. 

Dia mengatakan, selama ini teknik pengenalan huruf hijaiyah dilakukan secara konvensional dan manual sehingga memberikan kesan membosankan. “Metode yang kami kenalkan membantu para pendidik mengenalkan hijaiyah dengan cara mudah namun tetap edukatif,” kata dia kepada dalam keterangannya kepada Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (24/7). 

photo
Peserta melakukan praktik ortografi Arab oleh Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

 

Kepala Seksi (Kasi) Paud Dinas Pendidikan Kota Depok, Ika Rostika, mengapresiasi kegiatan ini. Dia berharap kegiatan serupa tetap dipertahankan dengan cakupan peserta yang lebih luas.

Apalagi kegiatan ini sejalan dengan program Kota Depok mewujudkan sekolah ramah anak. “Jika sekarang hanya satu kecamatan kedepan minimal setengah dari 11 kecematan di Kota Depok sudah sangat bagus,” tutur dia.  

Harapan sama disampaikan salah satu narasumber, Gina Najjah Hajidah. Program ini sangat aplikatif  dan membantu para pendidik memudahkan pengenalan dan pengajaran huruf hijaiyah secara menarik dan tidak monoton. “Harapannya tentu lebih banyak pendidik yang terlibat dalam program ini kedepannya,” kata dia.   

Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Gedung IV FIB UI dan diikuti 30 peserta yang merupakan tenaga pendidik Paud se-Kecematan Pancoran Mas, Depok.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement