Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Enam Prinsip Pendidikan Anak yang tak Berubah

Rabu 24 Jul 2019 03:50 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolanda

Orang tua menemani anaknya saat hari pertama masuk sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suak Timah, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Senin (15/7/2019).

Orang tua menemani anaknya saat hari pertama masuk sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Suak Timah, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Senin (15/7/2019).

Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Agama tetap menjadi dasar pendidikan anak sejak usia dini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organisasi Massa Persaudaraan Muslimah (Salamah) menilai ada sejumlah prinsip dasar dalam mendidik anak. Hal itu dapat menjadi dasar dalam mendidik anak sesuai perkembangan zaman.

Baca Juga

Ketua Umum PP Salimah, Siti Faiza mengingatkan, sebelum kemajuan teknologi muncul, Rasulullah SAW pernah bersabda, "Didiklah anakmu sesuai zamannya,". Menurut dia, hal itu bermakna bahwa pola asuh itu dinamis, sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman.

"Ada beberapa prinsip dasar dalam pendidikan anak yang tidak berubah," kata Faiza kepada Republika.co.id, Selasa (23/7).

Pertama, pendidikan agama. Dia menganggap pengenalan keberadaan Allah SWT sebagai zat yang Maha Pencipta tetap menjadi dasar dalam pendidikan anak sejak usia dini.

Kedua, penanaman dan pembiasaan adab. Sedini mungkin, biasakan anak beretika dalam berbagai hal dalam keluarga, seperti bersikap dan berperilaku jujur, dermawan, serta perbuatan baik lainnya.

Ketiga, orang tua perlu terus belajar dan meningkatkan kualitas diri, terutama ilmu pendidikan, menggali pengalaman dengan belajar dari orang tua yang berhasil dalam pendidikan anak. Keempat, pendekatan orang tua kepada Allah SWT, dengan banyak berdoa dan beramal saleh.

Kelima, orang tua perlu terus memperbaiki diri agar bisa menjadi contoh bagi anak. Keenam, seiring dengan usia anak yang memungkinkan utuk menggunakan teknologi digital, maka orang tua bisa melakukan berbagi video yang berguna dalam menambah pemahaman anak. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA