Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Saturday, 23 Zulhijjah 1440 / 24 August 2019

Apa Saja Fitur Melimpah di SUV Asli Jepang Ini?

Selasa 23 Jul 2019 18:06 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tampak interior Jimny terbaru yang dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019

Tampak interior Jimny terbaru yang dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019

Foto: PT SIS
Asesoris tambahan Jimny terbaru asli Jepang juga telah tersedia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak banyak kendaraan kompak masa kini yang dilengkapi beragam fitur lengkap, namun dapat diajak melaju di segala medan. Selain membuat nyaman, tentunya fasilitas lengkap itu akan sangat membantu mengatasi berbagai rintangan saat bepergian. 

Hal itu dapat dijumpai pada Suzuki Jimny generasi keempat saat ini. Fasilitas Electronic Stability Programme (ESP) dan Hill Descent Control (HDC) sudah tersedia karena sangat berguna menahan laju kandaraan saat melintasi medan jalan menanjak ataupun curam.

Fitur pengereman yang menggunakan sistem Antilock Braking System (ABS), Braking Assist (BA),  dan Electronic Stability Program (ESP) yang membuat kendaraan tetap dapat dikendalikan saat melaju dijalan licin. 

Fitur 3 Points ELR Seatbelt yang mengencang otomatis dan menahan tubuh jika terjadi hentakan keras. Fitur SRS Dual Airbag pada dasbor dan kemudi serta kaitan ISOFIX juga menggenapi fitur keselamatan pada interior Jimny. Sistem keamanan Immobilizer juga telah disematkan guna  meminimalisir resiko pencurian. 

Kendaraan yang digemari para pecinta off road sejak tahun 1979 tersebut, pada versi terbarunya dilengkapi fitur All Grip Pro 4WD yang menawarkan kemampuan off road yang tinggi. Sehingga memudahkannya melaju diberbagai medan jalan. Kesan gagah pada Jimny juga tampak di bagian belakang yang disematkan Rear Defogger yang dilengkapi wiper guna menjaga pandangan pengendara dengan jelas. 

"Dengan teknologi Jepang, tampilan menarik, Jimny bisa dipakai untuk dalam kota ataupun off road," kata Hartawan Hauwke, kolektor mobil antik  ketika menyempatkan diri melihat dari dekat Jimny terbaru. Apalagi masalah keselamatan kini menjadi perhatian serius membuatnya menjadi alternatif pilihan yang menarik. 

Pada bagian interior, selain warna hitam yang terkesan sportif, material Jimny dirancang mudah dibersihkan, tidak licin dan mudah digenggam. Roda kemudi Suzuki Jimny terbuat dari bahan kulit yang disempurnakan dengan fitur kenyamanan bagi pengendara. Seperti tilt steering, audio control untuk mengatur audio pada steering wheel dengan mudah, koneksi Bluetooth hingga cruise control sudah tersedia.

Soal pencahayaan,  SUV kompak ini sudah dilengkapi dengan Fog Lamp serta LED Projector yang telah dilengkapi dengan Leveling Feature untuk mengatur tinggi rendah pencahayaan sesuai kebutuhan. Suzuki juga menyematkan Headlamp Washer yang dapat membersihkan lampu saat tertutupi lumpur atau kotoran selama perjalanan.

Bagi yang belum puas dengan fasilitas standar tersebut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga sudah menyiapkan asesoris tambahan yang seluruhnya didatangkan asli dari Jepang. "Ada 39 item yang sudah ready di show room Suzuki," kata Yulius Purwanto, Head of Four Wheel Product Development PT Suzuki Indomobil Sales, Senin (22/7).

Yulius juga menyebutkan spesifikasi Jimny yang dipasarkan di Indonesia hampir sebagian besar sama seperti yang dipasarkan di Jepang. "Mungkin hanya automatic brake yang di Indonesia belum dibutuhkan," katanya. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA