Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Monday, 25 Zulhijjah 1440 / 26 August 2019

Beginilah Cara Mengobati Kerinduan Para Pecinta Jimny

Selasa 23 Jul 2019 07:54 WIB

Red: Hiru Muhammad

Tampak Suzuki Jimny ketika resmi dipasarkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2019

Tampak Suzuki Jimny ketika resmi dipasarkan di Indonesia pada ajang GIIAS 2019

Foto: hiru muhammad
Jimny merupakan satu satunya kendaraan kompak berpenggerak empat roda di Tanah Air

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehadirannya di ajang Gaikindi Indonesia International Auto Show (GIIAS) dalam dua tahun terakhir selalu menarik perhatian pengunjung. 

Entah untuk sekedar melihat-lihat dari luar, melihat interior  atau mencoba duduk dibelakang kemudi untuk merasakan sensasi atau perbedaan dengan pendahulunya. Meski hanya bersifat statis lantaran hanya dipajang, namun umumnya para pengunjung tampak antusias.

Begitulah sikap pengunjung yang mendatangi Suzuki Jimny yang dipajang di stand Suzuki. Warna jungle green, medium grey dan kinetic yellow telah menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. 

"Saudara saya beli dua di Bali," kata Cornelius, salah seorang pengunjung stan Suzuki pada GIIAS, Senin (22/7). Kendaraan itu dibeli karena untuk proyek di lapangan yang membutuhkan kendaraan yang dapat melaju di segala medan. 

Sosok penampilan Jimny terbaru dinilainya cukup menarik dan dapat digunakan kaum wanita. Pria yang juga seorang kontraktor ini mengakui pernah menggunakan Jimny Katana di tahun 1990an. "Itu mobil saya yang pertama," katanya mengenang. 

Bagi sebagian pengunjung, Jimny memang memiliki beragam cerita tersendiri. Kini, setelah absen selama belasan tahun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencoba bernostalgia  dengan menghadirkan Jimny generasi keempat. 

"Ini didatangkan secara utuh khusus dari Jepang," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS. Menurutnya, Jimny merupakan satu satunya kendaraan kompak berpenggerak empat roda di Tanah Air. 

Kehadirannya, kini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur canggih. Salah satunya adalah fitur All Grip Pro. Fasilitas ini merupakan sistem penggerak 4 roda atau four wheel drive yang terletak di sebelah tuas persnelling. 

Tuas itu dapat menggerakkan roda ke dalam posisi 2H, 4H, dan 4L. Posisi 2H dapat digunakan untuk berjalan normal, Posisi 4 H untuk melaju di medan off road, dan 4L untuk medan yang lebih berat. 

Selain fasilitas standar kendaraan off road, Jimny terbaru bertenagakan mesin K15B dengan kapasitas 1462 cc yang mampun menghasilkan tenaga sebesar 120 PS pada putaran 6000 dan torsi 130 Nm pada 4000 rpm. Untuk kenyamanan, Jimny sudah dilengkapi dengan suspensi 3 Link Rigit Axle ditambah dengan coil spring untuk roda depan dan belakang. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA