Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Rabu, 17 Safar 1441 / 16 Oktober 2019

Citilink Terapkan Penurunan Harga Tiket Pesawat

Kamis 11 Jul 2019 15:44 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Pesawat komersial Citilink dengan rute penerbangan HLP- YIA mendarat di Bandara YIA saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Pesawat komersial Citilink dengan rute penerbangan HLP- YIA mendarat di Bandara YIA saat penerbangan perdana di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulonprogo, DI Yogyakarta, Senin (6/5).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Citilink Indonesia mengalokasikan 3.348 kursi dalam penurunan harga tiket pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia menerapkan penurunan harga tiket pesawat sesuai arahan pemerintah. Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo memastikan memastikan implementasi kebijakan penurunan tiket 50 persen dari tarif batas atas (TBA) berjalan lancar.

"Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya," kata Juliandra, Kamis (11/7).

Baca Juga

Dia menegaskan penyesuaian harga tiket tersebut sesuai dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau. Penurunan harga tiket pesawat tersebut sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) diberlakukan untuk rute-rute tertentu dengan jadwal penerbangan setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat.

Juliandra memastikan akan terus melakukan evaluasi atas harga tiket pesawat. "Kami akan berkolaborasi dengan stakeholders terkait untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam rangka penyediaan penerbangan yang terjangkau bagi masyarakat," jelas Juliandra.

Dia menuturkan penurunan harga tiket tidak akan mengganggu faktor keselamatan penerbangan. Juliandra mengatakan Citilink tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai sebagai maskapai berbiaya hemat kepada seluruh pelanggan.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, penurunan harga tiket tersebut mulai hari ini (11/7) pukul 00.00 WIB. Lalu penerapannya dilakukan pada pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat.

"Penurunan tarif 50 persen dari batas atas LCC untuk alokasi kursi 30 persen dari total kapasitas pesawat," kata Susiwijono dalam konferensi pers di gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Senin (8/7). 

Susi menegaskan kebijakan tersebut hanya berlaku untuk rute domestik maskapai LCC yang menggunakan pesawat jet. Dengan ketentuan 30 persen tersebut maka terdapat jumlah kursi yang berbeda yang tiketnya dijual dengan penurunan 50 persen. "Untuk maskapai Citilink sebanyak 62 penerbangan per hari Selasa, Kamis, Sabtu dengan total 3.348 kursi. Lion Air 146 penerbangan per hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan total 8.278 kursi," ujar Susiwijono. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA