Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Kemenag Gelar Pemilihan KUA Teladan 2019

Senin 22 Jul 2019 16:08 WIB

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa

Kemenag gelar KUA Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019

Kemenag gelar KUA Teladan Tingkat Nasional Tahun 2019

Foto: Dok. Kemenag.go.id
KUA didorong untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam menggelar pemilihan kantor urusan agama (KUA) kecamatan teladan tingkat nasional tahun 2019 pada 21-25 Juli 2019. Pemilihan tersebut diikuti 34 KUA teladan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin mengingatkan pentingnya langkah-langkah besar setelah pemilihan KUA teladan. Menurutnya, KUA teladan harus memberikan pengaruhnya terhadap KUA yang lainnya. Artinya KUA teladan menjadi agen perubahan KUA di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga

"Penghargaan terhadap KUA tentu bukan tujuan kita, karena tujuan utama adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, kami mengajak seluruh jajaran KUA untuk memegang komitmen ini, layanan KUA sudah baik maka harus dijaga," kata Amin kepada Republika, Senin (22/7).

Amin menyampaikan pentingnya langkah nyata KUA untuk melakukan transformasi menuju lebih baik lagi. Menurutnya, KUA bukan sekedar melangsungkan layanan tapi juga memastikan layanan tersebut benar-benar dirasakan masyarakat.

Dirjen Bimas Islam juga memastikan bahwa pihaknya terus berupaya menuntaskan beberapa pekerjaan rumah yang mungkin belum terpenuhi dalam lima tahun terakhir. Meski demikian, dia yakin kebijakan Ditjen Bimas Islam telah membawa dampak besar bagi KUA yang menjadi lebih baik.

"Dalam kurun waktu lima tahun, telah lahir berbagai kebijakan yang mendukung langkah besar KUA untuk bertransformasi menjadi salah satu unit layanan publik yang bersih dan profesional," ujarnya.

Dia juga mengaku telah melakukan pembangunan fisik, pemerataan sumber daya manusia (SDM), alokasi anggaran operasional dan peningkatan kompetensi aparatur KUA. Itu merupakan sederet kebijakan yang telah mendorong KUA menjadi lebih baik dalam melayani, maka harus terus dipertahankan.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Mohsen menyampaikan, perhelatan KUA kecamatan teladan tingkat nasional tahun ini mengusung tema 'KUA Bersih dan Melayani'. Tema tersebut menjadi poin penting dalam penilaian.

"Karena itulah, perhelatan KUA kecamatan teladan tahun ini diharapkan akan melahirkan para teladan yang benar-benar memberi inspirasi bagi lahirnya inovasi layanan publik pada KUA," ujarnya.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA