Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Perusahaan Cina Berencana Impor Produk Pertanian AS

Senin 22 Jul 2019 10:20 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nidia Zuraya

Perang dagang AS dengan Cina

Perang dagang AS dengan Cina

Foto: republika
Cina dan AS sepakat untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Beberapa perusahaan Cina mencari pembelian baru untuk produk pertanian AS. Hal ini dilakukan di saat Beijing dan Washington mencari cara untuk mengakhiri perang dagang yang berlarut-larut.

Baca Juga

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping sepakat pada KTT G20 bulan lalu di Osaka untuk memulai kembali pembicaraan perdagangan yang terhenti pada Mei.

Trump mengatakan pada saat itu ia tidak akan mengenakan tarif baru dan pejabat AS mengatakan Cina setuju untuk melakukan pembelian untuk sektor pertanian. Namun Trump mengatakan pada 11 Juli bahwa Cina tidak memenuhi janji untuk membeli barang-barang pertanian AS.

Bisnis Cina telah melakukan penyelidikan dengan eksportir AS untuk membeli tanaman dan produk pertanian dan mengajukan permohonan pencabutan tarif, kata kantor berita Xinhua, mengutip otoritas Cina.

Komisi Tarif Bea Cukai China akan mengatur agar para ahli menilai aplikasi pengecualian tarif perusahaan Cina, kata Xinhua.

"Departemen-departemen Cina yang relevan menyatakan harapan bahwa Amerika Serikat akan bertemu Cina di tengah jalan, dan dengan sungguh-sungguh melaksanakan janji-janji yang relevan dari Amerika Serikat," kata kantor berita itu, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Dua ekonomi terbesar di dunia telah terlibat dalam pertarungan tarif sejak Juli 2018, ketika Amerika Serikat menekan China untuk mengatasi apa yang dilihatnya sebagai praktik perdagangan tidak adil dan ilegal selama beberapa dekade.

Cina telah membantah bahwa setiap kesepakatan perdagangan harus adil dan merata. Hal ini membuat kedua belah pihak tampaknya masih jauh dari kesepakatan untuk mengakhiri tarif berbalasan yang telah mengguncang rantai pasokan global dan pasar keuangan.

Trump mengatakan pada Jumat (19/7) bahwa Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan menteri Cina sehari sebelumnya. Dia juga memuji kinerja ekonomi AS, dan mengatakan Cina tidak melakukan dengan sangat baik.

Cina telah mengkonfirmasi bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He dan Menteri Perdagangan Zhong Shan berbicara melalui telepon pada hari Kamis dengan Mnuchin dan Perwakilan Dagang Robert Lighthizer mengenai konsultasi lebih lanjut, serta implementasi konsensus presiden yang dicapai di Osaka.

Cina melakukan pembelian sorgum AS terbesar sejak April awal bulan ini, menurut data Departemen Pertanian AS (USDA) yang dikeluarkan pada Kamis (18/7).

Cina, yang merupakan importir kedelai top dunia, juga membatalkan pembelian 9,853 metrik ton kedelai AS bulan ini, menurut data USDA pada Kamis. Itu adalah pembatalan bersih kedelai mingguan pertama Cina sejak April.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA