Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Bisnis Masker, Mahasiswa UMM Raih Omzet Puluhan Juta Rupiah

Ahad 21 Jul 2019 20:43 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Agung Sasongko

masker

masker

Produk unggulannya masker wajah spirulina.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Mahasiswa program studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Samsul Arifin mampu membuktikan diri menjadi pebisnis muda di kampusnya. Mahasiswa semester 5 ini manpu meraih omzet puluhan juta rupiah setiap bulannya berkat bisnis online yang ditekuninya sejak awal menjadi mahasiswa.

Sadar tidak ingin menggantungkan beban terhadap kedua orang tuanya, mahasiswa asal Banjarmasin ini berusaha mencari penghadilan sendiri dengan memulai berbisnis online. Ia menjual salah satu produk masker wajah yang saat ini sedang digandrungi kalangan mahasiswa, yakni masker wajah Spirulina.

Dengan modal hanya satu botol masker Spirulina seharga Rp 300 ribu, saat ini ia bisa meraup keuntungan bersih di atas sepuluh juta rupiah tiap bulan. Samsul memang terlahir dari keluarga yang tergolong cukup. Akan tetapi Samsul sadar betul, dirinya tidak bisa selamanya menggantungkan kebutuhannya kepada orang tua.

“Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depan, apa yang akan terjadi dengan pekerjaan orang tua kita. Bahkan kemungkinan terburuk pun ketika orang tua tiba-tiba tidak ada. Oleh karena itu saya ingin hidup mandiri, yakni dengan memiliki penghasilan sendiri dan turut membahagiakan mereka,” kata Samsul diwawancara Ahad (21/7).

Mahasiswa yang sudah memiliki sekitar 400an reseller di seluruh Indonesia ini juga seringkali diundang di beberpa kegiatan dan seminar kewirausahaan. Samsul didapuk sekaligus sebagai mentor dalam membantu sekaligus mengajarkan beberapa teori kewirausahaan yang didapat di bangku kuliah kepada para resellernya.

Meskipun saat ini sudah banyak penjual produk masker serupa, namun Samsul tetap optimistis terkait masa depan usahanya. Ia mengklaim, kelebihan yang membedakan dirinya dengan seller (penjual) lain adalah ia selalu menerapkan teori manajemen yang ia dapatkan di bangku kuliah. Alhasil, ia pun menjadi salah satu distributor terbesar di Malang Raya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA