Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Ingin Mulai Bisnis Digital dari Skala Kecil? Bisa!

Ahad 21 Jul 2019 06:28 WIB

Rep: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)/ Red: Ning Rahayu(Warta Ekonomi)

Ingin Mulai Bisnis Digital dari Skala Kecil? Bisa!. (FOTO: F5)

Ingin Mulai Bisnis Digital dari Skala Kecil? Bisa!. (FOTO: F5)

Bisnis digital masih berpeluang besar? Tentu saja.

Bisnis digital masih berpeluang besar? Tentu saja. Jika Anda melihat hal ini, maka sekarang waktu yang tepat untuk memulai bisnis digital. Jangan khawatir dengan bisnis digital raksasa ataupun yang sudah unicorn.

Ingatlah, bahwa mereka memulai bisnisnya dari skala UKM. Kesuksesan mereka tidak datang tanpa proses dan kerja keras yang panjang. Maka tidak ada salahnya memulai bisnis digital dari skala UKM dan berobsesi menjadi besar. Berikut adalah bisnis digital yang masih berpeluang besar, seperti dilansir dari Solusiukm.com.

1. Transportasi dan Akomodasi

Peluang bisnis digital di Indonesia untuk bidang transportasi dan akomodasi mungkin hanya dikuasai oleh beberapa pemain besar saja. Tetapi jika Anda mengetahui sejarah mereka, mereka adalah bisnis yang dibangun dari UKM dan menjadi besar karena memiliki inovasi dan perbedaan dari bisnis yang lainnya. Sehingga mereka bisa mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

Tentunya dalam bisnis transportasi dan akomodasi Anda bisa menyediakan layanan yang mudah dan sangat membantu konsumen. Salah satunya adalah Traveloka, dan Tiket.com dua pemain besar yang menguasai bisnis tiket pesawat dan kereta di Indonesia serta kamar hotel.

Selain mereka berdua, terdapat pula Grab dan Go-Jek yang menyediakan fasilitas transportasi umum, dan jasa antar barang. Serta terdapat pula Bosbis.com, Bustiket.com, dan Redbus.com penyedia layanan tiket bus online.

Meskipun bidang digital transportasi sudah dikuasai oleh pemain-pemain besar, bukan berarti Anda harus gentar. Anda tetap bisa membangun bisnis digital di bidang transportasi dengan konsep yang berbeda-beda, dan bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.

Baca Juga: Go-Jek dan Astra Akhirnya Rilis Joint Venture, Namanya....

2. E-Commerce

E-commerce di Indonesia juga memiliki perkembangan yang cukup signifikan. Buktinya setiap e-commerce selalu mendapat jumlah pengunjung yang banyak setiap harinya. E-commerce yang kata lainnya adalah Toko online menjadi sarana pebisnis ratail untuk mengubah haluan mereka dari offline ke online. Tentunya ini membuka toko-toko online lainnya.

Saat ini perkembangan e-commerce memang cukup menjanjikan. Cukup banyak e-commerce yang sudah cukup berkembang di Indonesia, sebut saja Berrybenka.com, Blanja.com, dan Elevenia serta masih banyak toko online yang ada di Indonesia. Konsep toko online sendiri memiliki dua konsep, yakni B2B atau B2C.

3. Marketplace

Jika Anda ingin terjun ke dunia digital, maka Anda harus paham perbedaan Marketplace dan e-commerce atau toko online. Toko online sudah kita bahas, kini kita bahas mengenai marketplace. Marketplace adalah toko online yang menyiapkan tempat untuk para pedagang berjualan di tempat mereka.

Marketplace dapat dikatakan seperti Mall. Dimana disana terdapat pedagang-pedagang yang menjajakan barang dagangannya dengan berbagai jenis. Inilah konsep marketplace itu sendiri. Di Indonesia, marketplace cukup banyak. Kita bisa mengetahui Lazada.co.id, Tokopedia.com, dan Bukalapak ketiganya adalah Marketplace bukan e-commerce.

Peluang bisnis digital di Indonesia untuk posisi marketplace masih cukup menjanjikan meskipun sudah dikuasai oleh pemain besar, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk Anda maju sebagai pengusaha dalam bidang Marketplace. Anda bisa bersaing di bidang ini.

Baca Juga: Mengoptimalkan Potensi E-Commerce di Indonesia

4. Financial

Dunia keuangan pun tidak mau tertinggal dengan kemajuan teknologi. Sekarang mungkin untuk mengajukan kartu kredit atau peminjaman dana Anda tidak perlu datang ke Bank konvensional. Tetapi Anda semua bisa melakukannya secara online melalui Financial tecnology (Fintech) yang sudah hadir cukup banyak di Indonesia.

Peluang Fintech masih cukup menjanjikan. Terlebih masyarakat Indonesia sering melakukan peminjaman untuk dana tambahan di bank-bank. Anda bisa mencoba melakukan bisnis pada bidang ini dan raih kesuksesan dari bidang digital.

5. Jasa Digital

Jasa pun sudah bisa dilakukan secara digital. Peluang bisnis digital di Indonesia memang merambah segala lini bisnis yang ada. Anda yang memiliki kemampuan digital marketing, pengembangan website, dan jasa tulis menulis dapat membuka usaha di ketiga bidang tersebut. Usaha-usaha ini cukup menjanjikan dan sangat potensial. Anda bisa segera mencobanya untuk mendirikan usaha jasa digital.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA