Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

NBA Gandeng Pengembang Aplikasi Berbasis AI, Cari Bakat Basket Via Ponsel?

Jumat 19 Jul 2019 08:27 WIB

Rep: Redaksi WE Online(Warta Ekonomi)/ Red: Redaksi WE Online(Warta Ekonomi)

NBA Gandeng Pengembang Aplikasi Berbasis AI, Cari Bakat Basket Via Ponsel?. (FOTO: NBA)

NBA Gandeng Pengembang Aplikasi Berbasis AI, Cari Bakat Basket Via Ponsel?. (FOTO: NBA)

NBA menjalin kerja sama strategis dengan NEX Team Inc.

National Basketball Association (NBA) menjalin kerja sama strategis dengan NEX Team Inc. Perusahaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk perangkat mobile ini merupakan pengembang HomeCourt, aplikasi pelatihan basket yang didukung teknologi machine learning dan computer vision.

Kerja sama ini akan memanfaatkan teknologi HomeCourt untuk menumbuhkan potensi pemain basket di semua tingkatan keterampilan. Dengan HomeCourt, NBA kini bisa mencari dan menemukan bakat basket secara global, hanya lewat sebuah ponsel.

David Lee, salah seorang pendiri dan CEO NEX Team, berkata, "Bersama-sama, kami berharap menciptakan pengalaman inovatif, yang akan menyatukan dunia nyata dengan teknologi digital, guna mengembangkan potensi pemain basket di setiap tingkatan kemampuan, di mana saja."

Dengan aplikasi HomeCourt, para pemain akan merasakan seolah-olah berada di video game dunia nyata. Dilengkapi dengan berbagai latihan, pertandingan, dan tantangan, para pemain dari berbagai usia maupun tingkatan dapat berkompetisi dalam berbagai tantangan NBA, serta berbagi informasi tentang kemajuan atau perkembangan mereka dengan komunitas bola basket dunia lewat aplikasi HomeCourt.

Baca Juga: Jr.NBA Bakal Latih 5.000 Lagi Guru Olahraga Basket di Sumsel

Aplikasi ini menawarkan tiga tantangan NBA, seperti kontes tembakan, mengontrol bola, dan lencana pencapaian. Pelatihan interaktif, tantangan, dan inisiatif tambahan lain akan terus dikembangkan untuk kegiatan maupun pertandingan penting sepanjang musim NBA.

HomeCourt akan turut ambil bagian di berbagai kegiatan liga bintang (marquee league), seperti MGM Resorts NBA Summer League dan Jr NBA Global Championship maupun program basket tingkat remaja bergengsi lain, seperti Basketball Without Borders dan NBA Academy.

"Tim dan pemain NBA yakin platform itu dapat mengembangkan potensi para pemain di berbagai tingkatan," ujar Amy Brooks, Presiden, Tim Pemasaran & Operasi Bisnis dan Chief Innovation Officer NBA. "HomeCourt akan menjadi alat penting bagi NBA dalam mencari bakat basket secara global."

"Sebagai pemain basket profesional, kami menyadari pentingnya memiliki panduan latihan dan pengetahuan basket dalam mengembangkan permainan basket secara menyeluruh,” ucap Steve Nash, pemain NBA yang dinobatkan sebagai Pemain Terbaik NBA sebanyak dua kali.

Versi terbaru HomeCourt telah tersedia di App Store, yang juga berisi serangkaian latihan bersama Nash dan pemenang MTN DEW 3-Point Contest 2019, Joe Harris dari Brooklyn Nets.

Baca Juga: Dulu Raja Basket, Kini Raja Bisnis Hingga Meroket

Diluncurkan pada Juli 2018, HomeCourt menggabungkan konsep pelatihan dasar berteknologi AI untuk memberikan analisis langsung (real-time), yang akan membantu para pemain di setiap tingkatan keterampilan mengembangkan kemampuan mereka.

HomeCourt menghitung ketepatan tembakan, kemajuan pemain dari waktu ke waktu hingga matriks kinerja, seperti kecepatan, lompatan vertikal, waktu sejak menangkap bola hingga melempar bola (release time) dan kontrol bola (ball handling).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA