Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Friday, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Seberapa Penting Integrasi Data untuk Korporasi?

Sabtu 20 Jul 2019 06:54 WIB

Rep: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)/ Red: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)

Seberapa Penting Integrasi Data untuk Korporasi?. (FOTO: Tibco)

Seberapa Penting Integrasi Data untuk Korporasi?. (FOTO: Tibco)

Korporasi besar membutuhkan kesatuan atau integrasi data.

Seberapa penting kesatuan data bagi korporasi di Indonesia? Jawabannya, sangat penting. Mengapa demikian?

Country Manager TIBCO, Seno Soemadji mengatakan, korporasi besar membutuhkan kesatuan atau integrasi data karena hal itu berkaitan dengan kebenaran data tersebut. TIBCO sendiri merupakan perusahaan perangkat lunak asal Amerika Serikat yang berfokus pada analitik data.

"Integritas data itu penting sekali. Kalau bicara integrasi data, kita bicara integritas dari data. Dari kaca mata korporasi, kita ingin punya satu kesatuan data," jelas Seno saat ditemui oleh warta ekonomi di Pameran Teknologi IISMEX 2019, Rabu (17/7/2019).

Baca Juga: Jalin Kemitraan, TIBCO dan Ping Identity Berikan Cybersecurity API Tingkat Lanjut

Menurutnya, jika sudah disinkronisasi menjadi satu, data tak bisa dipalsukan lagi. Contohnya, seperti integrasi data penduduk lewat Sofi Number di Belanda dan Social Security Number di Amerika Serikat. Ia sendiri pernah merasakan pengalaman itu ketika tinggal di negeri kincir angin itu.

Seno bercerita, "Dengan data (hasil sinkronisasi) itu, tidak perlu register lagi di mana pun. Gaji, jumlah uang di rekening, dan di bank mana saja itu terdata. Enggak bisa membuat data palsu."

Selain itu, keamanan data pun bisa terbantu dengan adanya integrasi data. Itu juga berkaitan dengan efisiensi dalam jumlah yang besar.

"Membangun kesatuan (data) itu luar biasa. Tapi when we reach that point, the benefit will come back to us, itu saya yakin sekali. Jadi menurut saya, any effort menuju ke sana itu sangat baik," imbuhnya lagi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA