Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Lika-Liku Hidup Ruben Onsu, dari Sengsara Kini Raja Bisnis Kuliner Indonesia

Jumat 19 Jul 2019 08:16 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Lika-Liku Hidup Ruben Onsu, dari Sengsara Kini Raja Bisnis Kuliner Indonesia. (FOTO: Instagram)

Lika-Liku Hidup Ruben Onsu, dari Sengsara Kini Raja Bisnis Kuliner Indonesia. (FOTO: Instagram)

Ruben Onsu kini tidak hanya artis tapi juga merajai bisnis kuliner.

Kehidupan seorang pengusaha dari kalangan artis atau pun orang biasa umumnya di mulai dari nol. Mereka telah merasakan lika-liku kehidupan yang keras. Hal itu pula telah dirasakan oleh Ruben Onsu, artis sekaligus presenter ternama di Indonesia yang kini juga merajai bisnis kuliner.

Sebelum menjadi seorang entertainer, ternyata Ruben bekerja sebagai seorang petugas kebersihan. Kala itu tahun 1990 hingga 2000 hidupnya jauh dari kata mewah. Ia pernah menjadi petugas kebersihan di salah satu hotel bilangan Jakarta kurang lebih selama dua tahun.

Pendapatan dari seorang tukang bersih-bersih tentulah tak semelimpah saat ini. Dulu ia hanya mengantongi Rp350.000 per bulan.

Baca Juga: Raja Bisnis Kuliner, Ini Dia Gurita Bisnis Milik Ruben Onsu

Namun, dengan segala jerih payahnya Ruben tak pernah putus asa. Selagi pekerjaan tersebut halal, seberat apapun akan tetap ia lakoni.

Lambat laun, kehidupannya mulai berubah. Kini ia telah menjadi pengusaha yang memiliki ribuan karyawan, keluarga yang harmonis, dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang.

Suami dari Sarwendah ini pertama kali merintis bisnis kuliner bersama Adiknya, Jordi Onsu. Mereka mendirikan tempat kuliner bernama Warung Besar. Setelah itu, akhirnya kulinernya pun meluas, dan terciptalah Ayam Geprek Bensu. Saat ini kedainya sudah ada di banyak belahan Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Ruben tercatat memiliki tujuh jenis bisnis kuliner yang tergabung dalam PT Onsu Pangan Perkasa. Usaha ini ia bangun bersama sang istri dan juga adiknya.

Baca Juga: Warunk Djaman Now, Ramaikan Bisnis Kuliner di Medan

Bukan hanya Ruben yang berbisnis, melainkan Sarwendah juga turut membangun kerajaan miliknya. Ia mempunyai usaha kuliner yang dipasarkan lewat Instagram, bernama Resep Sarwendah dan Sarwendah Juice.

Tak puas sampai di situ, keluarga Onsu juga merambah bisnis kopi yang saat ini sedang digemari masyarakat. Ruben juga menjajal bisnis kue di kota Semarang yang bernama Semarang Thal Cake.

Meskipun sibuk mengurus bisnis, keluarga Ruben tak terbengkalai. Keluarganya tetap harmonis dengan kehadiran dua putri cantic, Thalia Putri Onsu dan Thania Putri Onsu.

Baca Juga: Aplikasi Restoku Permudah UKM Kuliner Kembangkan Bisnis

Lewat kerajaan bisnis yang dibangunnya ini, Ruben berharap bisa bermanfaat bagi banyak orang. Bisa membantu menciptakan lapangan kerja yang mereka butuhkan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA