Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Kerja Jarak Jauh Juga Ada Ruginya Lho, Simak Deh!

Sabtu 20 Jul 2019 06:26 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Kerja Jarak Jauh Juga Ada Ruginya Lho, Simak Deh!. (FOTO: Unsplash/Tyler Franta)

Kerja Jarak Jauh Juga Ada Ruginya Lho, Simak Deh!. (FOTO: Unsplash/Tyler Franta)

Kerja jarak jauh memang asyik tetapi ada ruginya juga.

Zaman sekarang, banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan jarak jauh, atau dikenal dengan remote. Banyak yang berpikiran bahwa bekerja secara remote memiliki banyak keuntungan, dan enak karena enggak harus ke kantor.

Budaya remote masih awam di Indonesia. Tapi belakangan, kantor-kantor startup sudah mulai memberikan keistimewaan ini. Jadi karyawannya ada yang bisa bekerja sambil liburan di Bali misalnya.

Namun, enggak melulu enak dan diuntungkan lho. Kerja remote juga ada sisi negatifnya, di antaranya:

Baca Juga: 3 Cara Mendirikan Perusahaan Jarak Jauh

1. Kesulitan koordinasi 

Dengan bekerja secara remote, artinya kamu bekerja sendiri tanpa ada rekan-rekan kerja di sampingmu. Dengan begitu, apabila kamu memiliki kesulitan, kamu enggak bisa langsung bertanya, dan harus menghubungi mereka terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga enggak bisa berkomunikasi secara langsung dengan atasan. Misalnya, atasanmu memberikan perintah mendadak melalui telepon, tapi kamu kurang menangkap perintahnya karena masalah sinyal di tempatmu remote sangat jelek, potensi miskomunikasi begitu besar.

2. Kurang sosialisasi dengan rekan kerja 

Selain berpotensi besar miskomunikasi, kamu juga jadi kurang bersosialisasi dengan rekan kerja. Misalnya yang biasanya kamu kerja sambil ngobrol dengan teman-teman, tapi dengan remote, kamu harus bekerja sendiri dan terus terpaku ke layar laptop.

Baca Juga: Jeff Bezos Jadi Orang Terkaya Sejagat Raya Karena Gaji Pekerja Amazon Kecil, Benarkah?

Ingat di dalam dunia kerja itu perlu keseimbangan antara menyelesaikan tugas-tugas, dengan bersosialisasi. Sosialisasi itu membantu kamu untuk mengurangi tingkat stres yang diakibatkan oleh beban kerja.

3. Susah fokus karena banyak gangguan 

Kerja remote ternyata lebih banyak gangguannya, sekalipun kamu bisa kerja di tempat yang tenang banget, tetap saja gangguan itu selalu ada. Misalnya, kamu kerja di rumah, pasti ada sesekali kamu kepikiran untuk tidur dulu, atau menonton tv terlebih dahulu yang jelas kegiatan itu dilarang di kantormu ketika jam kerja. Kalau sudah terganggu dengan hal itu, bisa-bisa kerjaanmu tak akan selesai-selesai.

4. Lebih boros

Baca Juga: Sstt..Pekerjaan Sampingan InI Cocok Lho Buat Isi Libur Lebaran Kamu

Selain itu, kerja remote juga akan lebih banyak menghabiskan uang. Pasalnya, kamu harus siap modal sendiri untuk memesan makanan di kafe tempatmu bekerja misalnya.

Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan pulsa telepon untuk berkoordinasi dengan rekan kerja atau atasan di kantor. Meskipun kamu bekerja berjauhan, tentu tetap harus ada koordinasinya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA