Rabu 10 Jul 2019 10:34 WIB

Mau Tau SUV Elektrik Seharga 1,3 Miliar di GIIAS 2019?

Masyarakat Indonesia lebih membutuhkan kendaraan berkarakter SUV

Tampak Outlander  PHEV saat diluncurkan Selasa (9/7)
Foto: dok mmksi
Tampak Outlander PHEV saat diluncurkan Selasa (9/7)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil berpenggerak tenaga listrik tampaknya akan menjadi salah satu primadona yang disajikan sejumlah agen pemegang merek (APM) pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) tahun ini. 

Seperti yang dilakukan Mitsubishi yang menghadirkan New Outlander PHEV dan Eclipse Cross. Keduanya merupakan produk papan atas Mitsubishi Motors yang berupaya menggabungkan antara kemampuan kendaraan jenis SUV, 4 WD dan EV. New Otulander Plug-in Hybrid Electric Vehicl (PHEV) merupakan kendaraan listrik ramah lingkungan. 

Kehadirannya merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah yang mendorong pengembangan kendaraan listrik ramah lingkungan di tanah air. "Kami menghadirkan produk dengan teknologi terdepan di Indonesia," kata Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI), Selasa (9/7). 

Kehadiran New Outlander PHEV juga didasari dengan kondisi masyarakat Indonesia yang lebih membutuhkan kendaraan berkarakter SUV. Seperti kondisi jalan yang tidak semuanya rata, sistem plug in hybrid yang memungkinkan pengisian ulang baterei listrik  dengan menggunakan tenaga mesin yang ada serta kelebihan mobil listrik yang tanpa emisi gas buang. "Ini yang paling ideal untuk pasar di Indonesia," kata Nakamura.

Pihaknya menyadari kehadiran kendaraan listrik masih membutuhkan sosialisasi lebih jauh dan kesiapan infrastrukturnya, selain kebijakan pemerintah. Karena itu pihaknya akan memberikan fasilitas pengisian bahan bakar listrik di sejumlah diler penjual dan pusat perbelanjaan terkemuka. "Dengan cara ini diharapkan banyak anggota masyarakat yang tertarik," katanya. 

New Outlander PHEV telah dipasarkan sejak 2013 di lebih dari 50 negara dan menggunakan mesin bensin sebesar 2,4 liter.  Pada GIIAS tahun ini, PT MMKSI menawarkan SUV yang didatangkan secara utuh dari Jepang tersebut seharga Rp 1,2 hingga Rp 1,3 Miliar.

Sejumlah fitur canggih di kelasnya, termasuk teknologi instalasi khusus yang memungkinkan kendaraan ini dapat mengisi ulang tenaga listriknya di rumah disematkan pada kendaraan ini. SUV premium ini juga dilengkapi fasilitas super all wheel control (S-AWC) yang memungkinkannya tetap stabil dan nyaman di segala medan. Fasilitas lain seperti  7 kantong udara, active stability control dan reinforced impact savety evolution (RISE).        

Sedangkan Eclipse Cross telah diperkenalkan secara global pada 2017 lalu di Geneva Motor Show. Nama Eclipse berasal dari sedan coupe MMC yang dijual di AS tahun 1989. Sedangkan Cross merupakan kependekan dari Crossover.

Kendaraan yang mulai dipasarkan September mendatang di Tanah Air ini termasuk jenis compact SUV yang bertenagakan mesin 1,5 liter turbocharger. Selain fitur keamanan bintang lima dari ASEAN NCAP, kendaraan yang dibanrol dikisaran Rp 500 juta ini juga memiliki fasilitas canggih head up display. Fasilitas ini menampilkan informasi kecepatan, putaran mesin, dan fasilitas lainnya. "posisinya memang antara Outlander dengan Pajero," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement