Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Mahasiswa Unsika Tanam 100 Pohon di DAS Citarum

Kamis 18 Jul 2019 02:08 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah

Mahasiswa Unsika yang sedang KKN di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, menanam seratusan pohon di DAS Citarum, Rabu (17/7).

Mahasiswa Unsika yang sedang KKN di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, menanam seratusan pohon di DAS Citarum, Rabu (17/7).

Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Penanaman bibit pohon selaras denga tema KKN Unsika yaitu Citarum Harum.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Puluhan mahasiswa Universitas Singa Perbangsa Karawang (Unsika) yang sedang melaksanakan KKN di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao, Purwakarta, menanam pohon di sepanjang DAS Citarum. Ada 100 pohon berbagai jenis yang ditanam para mahasiswa tersebut.

Sopian Koordinator KKN Desa Cilangkap, Sopian, mengatakan, penanaman bibit pohon di DAS Citarum ini bukan tanpa sebab. Pertama, selaras dengan tema KKN Unsika yaitu Citarum Harum. Kedua, pepohonan yang ditanam sebelumnya, saat ini dalam kondisi mati. "Jadi, pohon yang mati akibat tidak terawat ini, kita ganti dengan bibit yang baru," ujar Sopian, Rabu (17/7).

Baca Juga

Ratusan pohon yang ditanam ini, di antaranya pohon bambu, ketapang, sirsak dan lainnya. Penanaman pohon ini, juga dibarengi oleh anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Cilangkap. Tak hanya tanam pohon, para mahasiswa ini turut membersihkan sampah yang berserakan disepanjang aliran sungai terpanjang di Jabar ini.

Sementara itu, dosen pembimbing KKN Desa Cilangkap, Qorry Armen Gemael, mengatakan, pada KKN tahun ini Unsika lebih fokus dengam tema Citarum Harum. Jadi selama kegiatan di lapangan berbaur dengan masyarakat ini, para mahasiswa itu turut berkontribusi pada pelestarian Sungai Citarum. "Salah satunya, dengan cara sederhana, yaitu menanam pohon dan membersihkan DAS Citarum," ujarnya.

Karenanya, lanjut Qorry, mahasisa UNSIKA ini, saat KKN disebar ke sejumlah daerah yang dilintasi oleh sungai tersebut. Salah satu sasaran sebaran KKN ini, yakni Purwakarta dan Karawang. Pihaknya berharap, akan ada dampak positif atas keterlibatan mahasiswa untuk program Citarum harum ini. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA