Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

PHE ONWJ Antisipasi Dampak Gelembung Gas

Rabu 17 Jul 2019 15:22 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda

Pekerja melakukan pemeriksaan instalasi di area Anjungan YYA Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin (25/3/2019).

Pekerja melakukan pemeriksaan instalasi di area Anjungan YYA Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin (25/3/2019).

Foto: Antara/Risky Andrianto
PHE menyiapkan sejumlah perangkat guna mencegah terjadinya kebocoran minyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Vice President Relations Pertamina Hulu Migas (PHE) Ifki Sukarya mengatakan PHE Blok Offshore North West Java (ONWJ) telah menutup kegiatan pengeboran sumur YYA-1 setelah munculnya gelembung di sekitar anjungan lepas pantai YAA di sekitar dua kilometer (km) dari pantai utara Jawa, Karawang, Jawa Barat (Jabar) lantaran pengeboran sumur YYA-1, pada Jumat (12/7).

"Kita juga sudah memindahkan pekerja yang berada di anjungan lepas pantai dan menara pengeboran," ujar Ifki di Jakarta, Rabu (17/7).

Ifki menyampaikan PHE ONWJ telah melakukan sejumlah upaya, termasuk menyiapkan sejumlah perangkat guna mencegah terjadinya kebocoran minyak mengingat saat ini gelembung masih terjadi.

"Nanti dalam situasi di mana minyak muncul, kami susah siapkan oil spill respond team agar jangan sampai ke darat. Kami juga sudah ada tim di laut dan darat, termasuk oil boom (alat untuk mengatasi kebocoran minyak) yang panjangnya sekitar tiga km," ucap Ifki.

Selain itu, lanjut Ifki, PHE ONWJ juga telah melakukan penanganan mengantisipasi dampak sosial dengan menerjunkan tim ke masyarakat sekitar lantaran diperkirakan ada tiga desa yang terpapar.

"Kebetulan ombak besar, jadi (nelayan) tidak melaut. Kami infokan ke masyarakat agar tidak mendekat ke area operasi," kata Ifki.

Dalam penanganannya, kata Ifki, PHE ONWJ telah mengaktifkan Incident Management Team (IMT) untuk menanggulangi kejadian tersebut dan juga berkoordinasi dengan SKK Migas, ditjen migas, dan instansi terkait.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA