Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

2020, Indonesia Punya Gim Pahlawan Garapan Developer Lokal

Rabu 17 Jul 2019 09:34 WIB

Rep: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)/ Red: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)

2020, Indonesia Punya Gim Pahlawan Garapan Developer Lokal. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

2020, Indonesia Punya Gim Pahlawan Garapan Developer Lokal. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

Indonesia akan memiliki gim bertema pahlawan-pahlawan Indonesia pada 2020.

Indonesia akan memiliki gim bertema pahlawan-pahlawan Indonesia pada tahun 2020 mendatang. Gim bernama Satria Dewa itu digarap oleh Satria Dewa Studio, Caravan Studio, dan Magma Entertainment.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membeberkan sedikit cuplikan dari gim berbasis di ponsel pintar itu saat ditemui di pelantikan pengurus pusat Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia, Selasa (16/7/2019).

"Saya sudah diberikan sneak preview-nya, ini tahun 2020 rilis. Sekarang masih versi beta," kata Chief RA sambil menunjukkan cuplikan permainan kepada pers.

Baca Juga: Potensi Esport Indonesia Besar, Asosiasi Ini Mau Data Atlet Profesionalnya

Lebih lanjut, Rudiantara berharap bahwa dengan hadirnya produk itu maka para pengembang gim lokal dapat menjadi tuan rumah di industri gim Tanah Air.  Ia melanjutkan, "mudah-mudahan kita bisa jadi tuan rumah di negara sendiri. Jadi, gim ini bisa dimainkan oleh anak-anak muda dan orang dewasa di Indonesia."

Di kesempatan berbeda, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Hari Santosa Sungkari, berniat untuk meningkatkan potensi pengembang gim lokal yang saat ini masih berada di angka 0,4% dari 8% pendapatan gim di Indonesia. 

"Dengan market size US$1miliar, peran game developer lokal masih 0,4%. Kita harus bangun kolaborasi dengan asosiasi gim, pengembang, komunitas, hingga perguruan tinggi," jelas Hari.

Pada tahun 2025 mendatang, ia menargetkan agar angka 0,4% itu bertumbuh menjadi 25%. Strateginya, dengan menciptakan gim yang aman untuk anak, serta gim strategis yang mengasah kemampuan kognitif, dan memiliki pasar yang besar di Tanah Air.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA