Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Thursday, 21 Zulhijjah 1440 / 22 August 2019

Iklan Go-Jek Cari Kebaikan Menangkan Penghargaan Most Loved

Ahad 21 Jul 2019 08:46 WIB

Rep: Agus Aryanto(Warta Ekonomi)/ Red: Agus Aryanto(Warta Ekonomi)

Iklan Go-Jek Cari Kebaikan Menangkan Penghargaan Most Loved. (FOTO: Kantar Indonesia)

Iklan Go-Jek Cari Kebaikan Menangkan Penghargaan Most Loved. (FOTO: Kantar Indonesia)

Iklan yang emosional semakin sering digunakan oleh perusahaan, mengapa?

Iklan yang emosional semakin sering digunakan oleh perusahaan untuk memperdalam hubungan sebuah merek dengan konsumennya, tak terkecuali di Indonesia. Cerita yang emosional menjadi kunci untuk memenangkan hati pemirsa, yang dapat membangun koneksi yang semakin berarti antara konsumen dengan sebuah brand.

Untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh sebuah iklan dapat membangkitkan emosional konsumen, Kantar, salah satu perusahaan data, wawasan, dan konsultasi terkemuka, melakukan survei dengan neuroscience seperti facial coding untuk mengidentifikasi ekspresi dan emosi yang dipicu oleh iklan. Penelitian dilakukan pada sejumlah iklan berbagai perusahaan yang ditayangkan sepanjang momen Ramadhan 2019.

Dalam laporan hasil penelitian yang disampaikan melalui penghargaan Most Loved Indonesia Ramadhan Ad, Selasa (16/7/2019), menetapkan Go-Jek dengan bisnis ride-hailing memenangkan perhargaan iklan Ramadhan 'Most Loved' di Indonesia.

Berdasarkan data Kantar facial coding, pemirsa menjadi 50% lebih ekspresif ketika menonton iklan ini dibandingkan dengan iklan Ramadhan lainnya.

Baca Juga: Go-Jek Perkuat Kerja Sama dengan NU

Salah satu iklan Go-Jek dengan tema Cari Kebaikan menarik hati orang Indonesia melalui humornya yang menunjukkan bagaimana GO-JEK dapat membantu mereka melakukan perbuatan baik dengan lebih mudah. Penampilan masalah konsumen yang berlebihan selama Ramadhan tanpa menggurui, membawa nuansa unik yang lucu.

Selain itu, ada beberapa iklan lain yang juga mendapat penghargaan, di antaranya Maknai Kebersamaan oleh Matahari memenangkan penghargaan iklan Ramadhan Most Enjoyable. Iklan ini berkisah mengenai kerinduan seorang anak laki-laki kepada ayahnya. Menariknya, anak tersebut berpenampilan dan berperilaku seperti ayahnya. Cerita menjadi lengkap ketika sang ayah akhirnya pulang ke rumah.

Syukuri Hari oleh Djarum mendapatkan penghargaan iklan Ramadhan Most Buzzworthy untuk cerita dan pesan mengenai intropeksi diri, mendorong para pemirsa untuk merasa bersyukur dan menjadi lebih positif selama bulan Ramadhan.

Sprite's Ujian Puasa terpilih sebagai iklan Ramadhan Most Noticed untuk humor yang ringan, adegan yang berkesan, dan menyegarkan. Momen puasa digunakan untuk menciptakan godaan terhadap merek, tanpa menunjukkan momen konsumsi apapun.

P&G Aku Pilih Maaf Ibu terpilih sebagai iklan Ramadhan Most Popular untuk cerita yang mengharukan dan membahas bagaimana ibu dan anak mengatasi ketegangan mereka karena perbedaan. Iklan tersebut memperoleh buzz tingkat tinggi dengan 25 juta views di Youtube.

Suresh Subramanian, CEO Kantar Indonesia, Divisi Insight, Kantar Indonesia, mengatakan iklan Ramadhan paling sukses tahun ini telah mendobrak norma iklan tradisional Ramadhan. Penerimaan pemirsa Indonesia akan terobosan tersebut mencerminkan perubahan Indonesia yang mencari dan menghargai ketulusan dari tujuan yang otentik.

Baca Juga: Facebook Luncurkan Fitur Laporkan Iklan Penipuan

Ada tiga tema yang menonjol dalam Iklan Ramadhan tahun 2019. Pertama, otentik, yang mampu membawa keadaan sesungguhnya dan menjadi berani, dalam segi konteks yang menggambarkan keadaan sesungguhnya seperti iklan Sprite menunjukkan kondisi orang yang sedang berpuasa (menahan rasa haus dan lapar), dan Gojek menampilkan upaya mengatasi berbagai kewajiban selama bulan Ramadhan dengan cara yang penuh humor.

Dan segi bersikap yang membawa cerita tentang ketegangan yang dialami dalam diri sendiri atau eksternal, seperti iklan Aku Pilih Maaf Ibu oleh P&G yang membawa cerita intropeksi diri.

Tema kedua, makna yang lebih dalam dari simbolisme di mana cerita yang disampaikan mempunyai makna yang lebih dalam dan bermakna dari sekedal ritual simbolik yang terlihat, seperti bedug ataupun adzan untuk sholat atau saur. Dan tema ketika, menjaga agar mudah diterima, agar di tengah keramaian iklan yang ada, melalui humor yang lucu dan berlebihan atau yang ringan dalam perjuangan Ramadhan, seperti iklan Lebaran di Planet Udique oleh Ramayana, dan Kenyatan Ujian Puasa Sprite sebelum berbuka.

The Top Ten Most Loved Ads 2019

1. Go-Jek, Cari Kebaikan

2. Djarum, Syukuri Hari

3. Pepsodent, Sahur Amal

4. Marjan, Timun Mas dan Buto Ijo

5. Sprite, Ujian Puasa

6. Matahari, Maknai Kebersamaan

7. Nippon Paint, Mas Kulin Pulang

8. Zilingo, Belanja Versi Gue

9. Blibli, Bahagia Itu Kita yang Buat

10. Ramayana, Lebaran di Planet Udique

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA