Selasa 16 Jul 2019 05:56 WIB

Menyingkap Misteri Gong Bolong, Ikon Kota Depok

Gong berlubang itu muncul cara yang misterius

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Tugu Gong Si Bolong
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Seniman Gong Si Bolong, Buang Jayadi.

Menjadi Ikon Kota

Kendati urusan kesejahteraan sekarang bukan lagi menjadi persoalan lantaran tawaran manggung tampil datang silih berganti, Buang masih memendam harapannya untuk mempromosikan Gong Si Bolong. Hal ini terkait dengan keputusan pemda menjadikan buah belimbing sebagai ikon Kota Depok.

 

Buang merasa lebih tepat kalau Depok menjadi Gong Si Bolong sebagai ikon kota. Selain sebagai sarana melestarikan sejarah warisan budaya bangsa, sebuah simbol itu hendaknya menunjukkan karakter masyarakat setempat.

Usulannya itu sempat mendapat perhatian pemda dan menimbulkan pro-kontra di kalangan warga. “Ini pernah saya obrolkan dan koordinasi dengan Dinas Pariwisata, tapi menimbulkan pro-kontra,” katanya.

 

Kegigihannya memperjuangkan Gong Si Bolong mengundang perhatian dari Pemkot Depok. Selain dianggap sesepuh yang peduli dalam menjaga kebudayaan, ia disebut sebagai tokoh yang layak diteladani lantaran berusaha memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Kota Depok. “Langkah ini agar budaya kita tidak tergerus,” ujarnya.

sumber : Pusat Data Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement