Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

Rabu, 20 Zulhijjah 1440 / 21 Agustus 2019

PLS di Purwakarta Diarahkan untuk Bersih-bersih Lingkungan

Senin 15 Jul 2019 22:29 WIB

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah

Siswa sedang mengikuti pengenalan lingkungan sekolah (PLS) - ilustrasi

Siswa sedang mengikuti pengenalan lingkungan sekolah (PLS) - ilustrasi

Foto: Republika/Yasin Habibi
anak-anak yang ikut PLS ini diarahkan untuk mencintai kebersihan lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, menjamin pada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (PLS) atau akrab dengan sebutan MOS, untuk siswa didik baru tingkat SMP, tidak ada perpeloncoan. Bahkan, pelajar sekolah menengah pertama itu, akan diarahkan untuk peduli pada lingkungan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, mengatakan, anak-anak yang ikut PLS ini diarahkan untuk mencintai kebersihan lingkungan. Pada hari kedua PLS, mereka akan diterjunkan untuk membersihkan lingkungan sekitar sekolah dari sampah. Terutama sampah plastik.

Baca Juga

"Para pelajar SMP ini, juga dikenalkan dengan bahaya sampah plastik. Sebab, plastik tidak bisa terurai di dalam tanah," ujar Purwanto, Senin (15/7).

Selain itu, lanjut Purwanto, pihaknya juga mengimbau peserta PLS ini bisa meminimalisasi makanan yang dibungkus plastik. Apalagi, sejak lama di Purwakarta itu sudah diterapkan aturan, setiap siswa SD dan SMP harus menbawa bekal makanan dari rumah yang dibuat oleh orangtua masing-masing.

Bekal makanan itu, tujuannya untuk mengurangi kebiasaan jajan di luar sekolah. Serta, sebagai cara untuk menjalin tali kasih antarpelajar. Caranya antara lain dengan bertukar makanan dan makan bersama di lingkungan sekolah. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA