Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Kamis, 21 Zulhijjah 1440 / 22 Agustus 2019

Sisa Gaji Rp 500 Ribu, Bisakah Saya Berinvestasi?

Selasa 16 Jul 2019 07:03 WIB

Red: Elba Damhuri

Rupiah (ilustrasi)

Rupiah (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Gaji berapa pun harus disisakan untuk investasi jangka panjang.

Pertanyaan: Saya karyawan swasta, apakah opsi terbaik untuk berinvestasi apabila setiap bulan hanya bisa menyisihkan Rp 500 ribu?

Pengirim: Nurul, tinggal di Bogor, Jawa Barat.

Jawaban:

Hai Nurul, sebagai karyawan memang nominal gaji yang diterima tiap bulannya itu sudah pasti jumlahnya. Begitu gajian tiba dan digunakan untuk ini-itu, tahu-tahu tersisa sedikit saja. Padahal masih ada kebutuhan lain yang tak kalah penting, yakni investasi.

Tapi ternyata Anda sudah menyadari pentingnya berinvestasi untuk masa depan.Itu bagus sekali. Walau gaji Anda hanya tersisa Rp 500.000 saja setiap bulannya, ini sudah cukup lumayan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah melalui investasi.

Ada banyak instrumen investasi hanya dengan modal kecil. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa instrumen investasi ini dengan uang Rp500 ribu, seperti;

- Reksa dana

- Emas atau logam mulia

- Peer to peer lending (P2P Lending)

- Tabungan berjangka

Modal untuk investasi di beberapa instrumen itu juga sangat terjangkau, mulai dari hanya Rp 10 ribu hingga Rp 100 ribu saja. Jika Anda rutin menginvestasikan dana setiap bulannya, lama-lama juga akan untung banyak.

Seperti kata-kata bijak yang umum dilontarkan di kalangan investor, “Jangan taruh telur dalam satu keranjang”. Maka sebaiknya investasikan dana di berbagai macam instrumen.

Dengan modal Rp 500 ribu, Anda bisa berinvestasi di semua instrumen di atas. Misalnya;

- Investasi di reksa dana Rp100 ribu

- Investasi di logam mulia/emas Rp 50 ribu

- Investasi P2P lending Rp 50 ribu

- Investasi tabungan berjangka Rp 300 ribu

Bagaimana cara berinvestasi di instrumen-instrumen tersebut? Sekarang ini sudah banyak ditemukan platform online seperti e-Commerce Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya yang menyediakan fasilitas untuk investasi. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai cara berinvestasi dengan modal kecil tersebut, baca selengkapnya di sini.

Jadi, Anda tak perlu bingung lagi untuk berinvestasi walau uang gaji yang tersisa tak besar. Sebaiknya Anda juga harus memahami instrumen investasi yang dipilih, agar mendapatkan keuntungan maksimal dan terhindar dari investasi bodong dengan cara banyak membaca artikel-artikel seputar investasi.

Demikian penjelasannya, selamat berinvestasi dan dapatkan keuntungan untuk keamanan finansial Anda.

 

Kolom konsultasi keuangan ini persembahan dari Cermati.com bekerja sama dengan Republika.co.id. Anda bisa temukan berbagai produk keuangan dan edukasi seputar finansial bermanfaat lainnya di sini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA