Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Tuesday, 25 Muharram 1441 / 24 September 2019

Dorong Peningkatan Kualitas Haji, DPD Lakukan Pengawasan

Selasa 09 Jul 2019 09:04 WIB

Red: Gita Amanda

Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan pengawasan haji di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan pengawasan haji di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Foto: DPD
Kehadiran DPD memastikan kelancaran keberangkatan jamaah haji dan penyerapan aspirasi

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI melakukan pengawasan haji di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (8/7) lalu. Bertempat di Asrama Haji Provinsi NTB, para Anggota Komite III DPD RI melakukan pertemuan dengan para pemangku kepentingan penyelenggaraan haji di NTB.

Kunjungan kerja Komite III DPD RI dipimpin oleh ketua delegasi Dr Abdul Aziz Khafia, senator asal DKI Jakarta yang juga merupakan Wakil Ketua Komite III DPD RI. Didampingi oleh Senator tuan rumah dari NTB, yaitu Drs. H. Lalu Suhaimi Ismy.

Dalam sambutannya, Abdul Aziz Khafia menyatakan DPD hadir untuk melakukan pengawasan atas penyelenggaraan ibadah haji sesuai amanat UU Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. "Kami berharap agar setiap tahun jamaah haji dapat dilayani dengan lebih baik," tutur Abdul Aziz Khafia seperti dalam siaran persnya.

Dari pihak tuan rumah, senator asal NTB, Drs H Lalu Suhaimi Ismy turut menyatakan kehadiran DPD untuk memastikan kelancaran keberangkatan jamaah haji dan menyerap aspirasi dan permasalahan yang timbul di lapangan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB dalam sambutannya memaparkan kuota haji NTB berjumlah 4.514 orang, dengan alokasi jamaah reguler 4.476 orang dan TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah) 38 orang, 1 kloter terdiri dari 3 orang TPHD. Kuota tambahan 398 orang, petugas kloter 55 orang. Total Kuota haji NTB berjumlah 4.967 orang jamaah.

Hadir pada pertemuan tersebut, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Nasruddin Islah, Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi NTB, Perwakilan Kantor Angkasa Pura Provinsi NTB, Kepala Imigrasi NTB, Perwakilan Maskapai Garuda, Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Barat, perwakilan dari KBIH dan Kepala Asrama Haji NTB.

Sementara dari pihak anggota Komite III DPD RI, selain Ketua Delegasi, Abdul Aziz Khafia (DKI Jakarta) dan pihak tuan rumah Lalu Suhaimi Ismy (NTB) juga diikuti oleh: Oni Suwarman (Jabar), GKR Ayu Koes Indriyah (Jateng), Ahmad Sadeli Karim (Banten), Gede Pasek Suardika (Bali), Habib Abdurrahman Bahasyim (Kalsel), Muslihuddin Abdurrasyid (Kaltim), Stefanus BAN Liow (Sulut), Iqbal Parewangi (Sulsel), A. Abubakar Bahmid (Gorontalo), dan M. Syibli Sahabuddin (Sulbar).

Sementara pada hari sebelumnya, Ahad (7/7), bertempat di Asrama Haji NTB, para anggota Komite III DPD RI juga ikut melepas keberangkatan jamaah haji Kloter 2 asal Lombok Tengah NTB.

Abdul Aziz Khafia, dalam sambutannya menyatakan bahwa oang yang pergi haji adalah orang yang terpilih untuk menjadi tamu Allah SWT. Maka bersyukurlah menjadi jamaah haji. Karena balasan menjadi haji yang mabrur adalah surga.

“Komite III DPD RI mendapat amanah untuk melakukan pengawasan atas penyelenggaraan Ibadah Haji. Kami berharap agar kualitas penyelenggaraan haji setiap tahunnya semakin meningkat,” kata Abdul Aziz.

Hadir pada acara pelepasan tersebut selain ketua delegasi, Dr. Abdul Aziz Khafia (DKI Jakarta), juga pihak tuan rumah, Drs. H. Lalu Suhaimi Ismy (NTB), KH. Ahmad Sadeli Karim (Banten), dan KH. Muslihuddin Abdurrasyid (Kaltim).

Pada acara pelepasan tersebut dihadiri pula oleh Anggota DPR Komite VIII asal NTB, Ir. Nanang Samodra, M.Sc., dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB, H. Nasruddin Islah. Dengan disaksikan oleh para jamaah haji asal Lombok Tengah dan para petugas haji NTB.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA