Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Menteri Pemuda Tunisia Dihujat karena Kibarkan Bendera Turki

Senin 15 Jul 2019 12:56 WIB

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah

Menteri Pemuda dan Olahraga Tunisia Sonia Ben Sheikh, 11 maret 2019.

Menteri Pemuda dan Olahraga Tunisia Sonia Ben Sheikh, 11 maret 2019.

Foto: AP Photo/Hassene Dridi
Menteri Pemuda Tunisia salah mengibarkan bendera.

REPUBLIKA.CO.ID, TUNIS -- Menteri Pemuda dan Olahraga Tunisia Sonia Ben Sheikh dikritik secara luas setelah ia tidak dapat membedakan antara bendera negaranya sendiri dan bendera Turki. Banyak orang yang bahkan mengecam hal itu serta mendorong pemberhentian perempuan yang beberapa waktu lalu juga ditunjuk menjadi menteri kesehatan tersebut.

Baca Juga

Sejumlah foto yang memperlihatkan Ben Sheikh mengibarkan bendera Turki juga menjadi viral di media sosial. Ia tidak mengibarkan bendera Tunisia dalam momen perayaan kualifikasi negaranya ke semifinal Piala Afrika 2019.

Bahkan, seorang penyair bernama Ammar Al-Maidani mengatakan apa yang Ben Sheikh lakukan adalah suatu perbuatan tercela. Demikian dengan sejumlah aktivis yang menilai tindakan Ben Sheikh mengartikan ia tak benar-benar mengerti tentang Tunisia.

“Telah tiba waktunya saat kehormatan Tanah Air saya tercela. Seorang Menteri Pemuda dan Olahraga Sonia Ben Sheikh tidak dapat membedakan antara bendera negaranya dan bendera Turki!” tulis Al-Maidani dilansir Middle East Monitor, Senin (15/7).

Menurut aktivis Fatma Hattab, Ben Sheikh telah menunjukkan ia tak dapat mengerti apa saja yang menjadi beban Tunisia. Bahkan, ia menilai perempuan yang juga pernah menjadi dokter di Kementerian Kesehatan negara itu tak menghargai tanah airnya sendiri.

“Jika Anda tidak tahu arti bendera, maka dapat dipastikan Anda bukanlah bagian dari negara ini dan Anda tak dapat menganggapnya sebagai Tanah Air Anda,” ujar Hattab.

Sebelumnya, kecaman juga datang terhadap anggota parlemen Tunisia Maher Al-Madhioub setelah ia mengunggah gambar bendera Turki serta presiden negara itu di akun jejaring sosial Facebook miliknya. Saat itu, ia mengatakan hendak merayakan kemenangan Recep Tayyip Edogan dalam pemilihan presiden.

Di balik kontroversi tersebut, sekilas bendera Tunisia dan Turki terlihat serupa. Namun, bendera Turki di bagian dasarnya memiliki warna merah, serta gambar bulan sabit dan bintang putih di bagian tengah. Sementara, bendera Tunisia dengan warna dasar merah, memiliki dengan lingkaran putih di bagian tengah yang di dalamnya terdapat bulan sabit serta bintang berwarna merah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA