Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Vettel Akui Bersalah Tabrak Verstappen di GP Inggris

Senin 15 Jul 2019 01:09 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Foto: EPA-EFE/Valdrin Xhemaj
Vettel dan Verstappen terlibat insiden saat GP Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE -- Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, dan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, terlibat insiden tabrakan saat sesi balapan GP Inggris, yang digelar di Sirkuit Silverstone, memasuki lap ke-38. Ferarri SF90 yang dikendarai Vettel menabrak bagian belakang Red Bull RB15 milik Verstappen.

Alhasil, kedua mobil tersebut sempat terlempar dari trek. Meski masih bisa melanjutkan balapan, tapi kedua pebalap kehilangan posisi keempat dan ketiga. Sebelum insiden tersebut, Verstappen dan Vettel memang tengah bersaing ketat dalam perebutan posisi ketiga. Verstappen sempat berhasil melewati Vettel, yang berada di posisi ketiga.

Namun, usaha Vettel untuk bisa mengambil alih posisi ketiga justru berakibat fatal lantaran gagal memperhitungkan waktu pengereman. Kesalahan ini pun diakui oleh pebalap asal Jerman tersebut. Vettel pun mengaku bertanggung jawab atas insiden tersebut.

''Itu terjadi karena kesalahan saya. Dia berhasil melewati saya, dan setelah itu, saya melihat ada peluang untuk kembali mengambil alih. Saya kira, dia akan melebar ke kiri, tapi ternyata tidak. Pada saat itu, saya sudah terlalu terlambat untuk mengerem dan terjadilah benturan tersebut,'' ujar Vettel usai balapan seperti dikutip Crash, Ahad (14/7).

Akibat insiden itu, steward memang memberikan penalti buat pebalap berusia 32 tahun itu berupa penambahan waktu 10 detik. Alhasil, posisi Vettel di akhir balapan melorot hingga ke peringkat ke-16 dalam seri kesepuluh gelaran F1 musim ini tersebut. Seusai balapan, Vettel pun sempat mendatangi Verstappen dan meminta maaf atas insiden tersebut.

Verstappen pun mengaku sedikit kecewa dengan insiden tersebut. Terlebih dengan insiden tersebut, sejumlah bagian dari mobil RB15 milik Verstappen mengalami kerusakan. Beruntung, pebalap asal Belanda itu masih bisa melanjutkan balapan dan finish di peringkat kelima.

''Dia sudah meminta maaf. Insiden itu memang mengecewakan, dan tidak ada yang bisa mengubahnya. Apalagi, insiden itu mempengaruhi usaha kami untuk bisa naik podium. Namun, dengan kondisi mobil yang tidak optimal, saya cukup senang bisa finish di posisi kelima,'' kata Verstappen seperti dikutip Crash.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA