Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Haduh! Pertanyaan Ini Ternyata Bikin Ciut Rencana Dirikan Bisnis Sampingan

Ahad 14 Jul 2019 09:23 WIB

Rep: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)/ Red: Clara Aprilia Sukandar(Warta Ekonomi)

Haduh! Pertanyaan Ini Ternyata Bikin Ciut Rencana Dirikan Bisnis Sampingan. (FOTO: Unsplash/Pietro Tebaldi)

Haduh! Pertanyaan Ini Ternyata Bikin Ciut Rencana Dirikan Bisnis Sampingan. (FOTO: Unsplash/Pietro Tebaldi)

Mendirikan bisnis sampingan ternyata memerlukan mental baja lho. Tak jarang orang yang sudah...

Mendirikan bisnis sampingan ternyata memerlukan mental baja lho. Tak jarang orang yang sudah memiliki niat membangun usaha sampingan, tiba-tiba mundur karena ciut nyalinya.

Bahkan, ada beberapa orang yang mengurungkan niatnya itu karena beberapa pertanyaan yang dilontarkan orang sekitarnya. Kira-kira pertanyaan apa saja ya? Berikut ulasannya:

Baca Juga: Sstt..Pekerjaan Sampingan Ini Cocok Lho Buat Isi Libur Lebaran Kamu

1. Bisnis sampingan apa yang gampang buat pemula?

Nah lho, kalau sudah memutuskan terjun ke dunia bisnis. Kamu sudah harus tahu dong produk apa yang dijual.

Kalau memang masih bingung memilih apa yang ingin dijual, coba pilih saja mau jual barang atau jasa. Semua bisnis itu bisa dilakukan, asal ada passion dan kemauan.

Bicara soal gampang atau susahnya, semua balik lagi sama keahlian. Jangan malah jiper dan nyerah ketika gak nemu ide soal bisnis apa yang gampang dimulai.

2. Bagaimana cara bayar atau lapor pajaknya?

Dor! Pertanyaan ini tentu bikin bengong mendadak. Alhasil, yang tadinya semangat menggebu-gebu, jadi bengong mendadak. Dan berkata dalam hati, “Oh iya-ya, mesti bayar pajak juga, ribet ah males jadinya buka usaha."

Baca Juga: Gaji Pas-Pasan? Jangan Takut, 4 Pekerjaan Sampingan Ini Bisa Bikin Kamu Sejahtera

Untuk para freelancer atau yang ingin kerja sampingan, mereka enggak tahu bagaimana caranya lapor pajak mengingat pajaknya sudah dipotong langsung sama klien.

Tarif pajak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) beromzet maksimal Rp 4,8 miliar setahun sudah diatur di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

3. Kapan liburnya?

Mau buka bisnis sampingan, jangan sibuk mikirin kapan istirahat dong! Merintis usaha itu ya harus total, kalau bisa pulang kerja pun kita harus mikirin bagimana caranya dapat untung.

Baca Juga: Dapatkan Modal Usaha Sampinganmu di Sini, Cek Ya!

Ketika kita sibuk memikirkan kapan istirahat dan kapan libur dari segala aktivitas, maka yang ada kita bakal berpikir hidup cuma kerja, kerja, dan kerja. Kondisi itu yang bisa membuat ciut dan memandang kalau berbisnis suatu hal yang mengerikan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA