Rabu 03 Jul 2019 13:24 WIB

Lulusan UMM Ditargetkan Jadi Digipreneur

Digipreneur bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang IT.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Malang
Foto: .
Universitas Muhammadiyah Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Siapa tak ingin bekerja atau membuat sendiri perusahaan rintisan terkemuka seperti Bukalapak, Tokopedia, GOJEK dan lainnya? Kesempatan ini yang mungkin dapat diraih lulusan baru Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui beasiswa Digital Talent Scholarship 2019 (DTS 2019). Program ini merupakan kerja sama UMM dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Kaprodi Teknik Informatika UMM, Gita Indah Marthasari, mengatakan para lulusan terseleksi mendapatkan bimbingan melalui program Fresh Graduate Academy (FGA) DTS 2019. Mereka nantinya ditunjukkan agar memiliki kompetensi secara profesional dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi industri 4.0. Oleh sebab itu, peserta pun mendapat tema pelatihan yakni Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cloud Computing, Cybersecurity, Internet of Things dan Machine Learning.

Baca Juga

Secara rinci, penyelenggaraan program FGA ini berlangsung selama 144 jam. Pelajarannya meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping, uji kompetensi dan sertifikasi. "Kelas pendamping atau add-on yang akan didapat oleh peserta FGA yaitu kewirausahaan digital (Digipreneur) dan Soft Skills Development,” kata Gita, melalui pesan resmi yang diterima Republika.co.id, Rabu (3/7).

Digipreneur, sambung Gita, bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja terampil di bidang IT yang memiliki wawasan kewirausahaan untuk terus berinovasi di industri 4.0. Selain itu, juga akan menambah pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang kewirausahaan digital. Lalu tentang cara memulai usaha digital, sampai dengan langkah mengelolanya.

Sementara Soft Skills Development bertujuan agar peserta mampu bersaing di era digital. Memiliki inisiatif, bertindak secara efektif serta dapat menyesuaikan diri dengan dunia kerja.

Pelatihannya sendiri akan dilakukan secara dalam jaringan (daring) melalui platform e-learning. “Materi akan disampaikan oleh tenaga profesional dalam bentuk video dan presentasi,” terang Gita.

Pelatihan ini akan diselenggarakan setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB di beberapa laboratorium Teknik Informatika yang berlokasi di Gedung Kuliah Bersama 3 Lantai 6. “Harapannya dengan bekal ini kita dapat lebih meningkatkan kemampuan dan percaya diri, serta peluang-peluang ke depan akan semakin terbuka lebar,” tutur Wakil Dekan Fakultas Teknik UMM, Samin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement