Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Kartu Kredit Digital Mulai Jadi Pilihan Pelanggan, Mengapa?

Ahad 14 Jul 2019 08:30 WIB

Rep: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)/ Red: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)

Kartu Kredit Digital Mulai Jadi Pilihan Pelanggan, Mengapa?. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)

Kartu Kredit Digital Mulai Jadi Pilihan Pelanggan, Mengapa?. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)

Kartu kredit digital menjawab maraknya transaksi perdagangan online.

Pertumbuhan perdagangan elektronik dan media sosial telah mengubah perilaku masyarakat dalam bertransaksi. Hal itu terbukti dalam Cusomer Satisfaction Survey 2019 yang dirilis oleh Kredivo, bekerja sama dengan International Data Corporation (IDC).

Survei tersebut menunjukkan 80% dari 1.110 responden memilih kartu kredit digital sebagai metode pembayaran yang paling digemari dibanding transfer bank (8%), kartu kredit (6%), dan metode pembayaran lain (7%).

"Kehadiran kartu kredit digital yang menawarkan proses serba online dan persetujuan yang cepat berdasarkan data alternatif calon debitur menjadi solusi bagi masyarakat untuk mendapatkan akses kredit dengan mudah dan nyaman," kata Head of Marketing Kredivo, Indina Andamari dalam keterangan resminya (9/7/2019).

Baca Juga: Kredivo Terima Suntikan dari Unit Ventura Telkomsel dan MDI Ventures

Sebelum ada kredit digital, tingkat cart abandonment di Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia. Salah satu penyebab utama, friksi saat proses checkout di marketplace. Kurangnya opsi layanan pembiayaan juga memperbesar hambatan, apalagi angka penetrasi kredit di Indonesia hanya 3%.

Indina berujar, "Sebelumnya layanan kredit di e-commerce hanya ditawarkan oleh kartu kredit konvensional atau perusahaan mutifinansial. Hanya sedikit orang yang bisa mendapatkan akses ke layanan tersebut karena kurangnya data skor kredit serta proses registrasi yang berbelit-belit dan memakan waktu lama."

Kartu kredit digital dipilih sebagai metode pembayaran karena mudah dan praktis, terbukti dengan 74% responden yang memilih faktor tersebut. Bunga rendah juga dijadikan alasan oleh 24% responden. Faktor lainnya ialah kemudahan mendaftar (1%) dan limit yang tinggi (1%).

Baca Juga: Visa, Orico, Line Pay Luncurkan Kartu Kredit Baru

Kartu kredit digital seperti Kredivo memang didesain untuk bertransaksi melalui ponsel pintar. Setelah pengajuan disetujui, pengguna dapat berbelanja di merchant rekanan menggunakan limit kredit yang diberikan untuk membayar dengan fitur cicilan.

Melalui sistem terintegrasi, pembayaran di e-commerce dapat diselesaikan dengan satu klik, tanpa harus memasukkan data sensitif atau berpindah ke aplikasi pembayaran lain. Keunggulan-keunggulan ini tidak dimiliki oleh metode pembayaran lain seperti kartu kredit konvensional dan transfer bank.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA