Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Kemenkominfo Ingin Produsen Go Digital, Jangan Reseller Saja

Ahad 14 Jul 2019 12:21 WIB

Rep: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)/ Red: Tanayastri Dini Isna(Warta Ekonomi)

Kemenkominfo Ingin Produsen Go Digital, Jangan Reseller Saja. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

Kemenkominfo Ingin Produsen Go Digital, Jangan Reseller Saja. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

Pebisnis diminta menjadi produsen digital, tidak hanya menjadi reseller.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menginginkan produsen barang untuk masuk ke dunia dagang daring melalui marketplace, sehingga platform itu tak hanya diisi oleh pengecer (reseller).

Dirjen Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani menyarankan agar marketplace menyokong para produsen dengan data dan survei tentang barang yang tren di masyarakat.

Baca Juga: Zoho Mulai Garap Pasar Indonesia, Tawarkan Solusi E-Commerce

"Data dan survei bisa digabungkan dengan big data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI) untuk memfokuskan produk yang akan mesti difokuskan oleh pemain e-commerce Indonesia," jelas Semuel saat ditemui di bilangan Sarinah, Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Lebih lanjut, data agregat itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, menurut pria itu. Belum lagi, potensinya untuk dapat diakses oleh para peneliti. Poin pentingnya, data pribadi tak boleh masuk ke dalam data agregat tersebut.

Pria yang akrab disapa Semmy itu berkata, "Tapi nanti data pribadi disembunyikan, seperti identitas konsumennya."

Baca Juga: Gandeng Bukalapak, Allianz Dagang Asuransi di Marketplace

Dengan begitu, produk para produsen Indonesia yang dijual lewat marketplace merupakan hasil kurasi berdasarkan data, bukan hanya perkiraan.

Apalagi, penting bagi marketplace untuk menyoroti kekuatan produsen Indonesia lewat pembedaan barang yang dijual. Semmy mencontohkan batik dan tenun sebagai barang yang menunjukkan kekuatan Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA