Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Polda Sumbar Bagikan Helm Gratis di Padang

Selasa 09 Jul 2019 23:24 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri) menyerahkan pataka kepada Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal (kanan) saat upacara peresmian peningkatan status Polda Sumbar, di Padang, Sumbar, Senin (3/4).

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kiri) menyerahkan pataka kepada Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal (kanan) saat upacara peresmian peningkatan status Polda Sumbar, di Padang, Sumbar, Senin (3/4).

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Polda Sumbar bagikan helm gratis dalam rangka HUT ke-73 Bhayangkara.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Kapolda Sumatra Barat Irjen Pol Fakhrizal membagi-bagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor di sejumlah titik di Kota Padang hari ini, Selasa (9/7). 

Kapolda melakukan pembagian helm ini sebagai bentuk edukasi keselamatan berkendara roda dua dengan memakai helm sesuai standar.

Baca Juga

"Pak Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal, membagikan helm gratis kepada pengendara sepeda motor. Ini lantaran beliau peduli sangat keselamatan pengendara, khususnya sepeda motor," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Syamsi saat dihubungi Republika.co.id di Padang, Selasa (9/7).

Syamsi menjelaskan bagi-bagi helm gratis ini termasuk juga dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Bhayangkara. Kapolda membagi-bagikan puluhan helm kepada pengguna jalan. Ada pengendara masyarakat bisa dan ada juga kepada pengendara ojek daring. 

Syamsi menyebutkan memakai helm sesuai standar bertujuan menghindari benturan kepala bila terjadi kecelakaan. Selain itu, helm standar juga melindungi wajah pengendara dari terpaan debu di jalanan. 

Pantauan Republika.co.id di beberapa jalan utama di kota Padang, masih ada pengendara yang nekat tidak memakai helm. Baik itu pengendara maupun penumpang di belakang. 

Syamsi meminta masyarakat sadar akan pentingnya helm. Memakai helm tidak untuk menghindari teguran atau razia polisi, tapi demi keselamatan dan kesehatan. 

“Helm berguna menghindari benturan kepala apabila terjadi kecelakaan, dan juga untuk mebiasakan masyarakat agar selalu memakai helm saat mengendarai sepeda motor," ujar Syamsi. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA