Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Gunakan AI, Instagram Ciptakan Fitur Baru untuk Cegah Cyber Bullying

Kamis 11 Jul 2019 23:00 WIB

Rep: Kumairoh(Warta Ekonomi)/ Red: Kumairoh(Warta Ekonomi)

Gunakan AI, Instagram Ciptakan Fitur Baru untuk Cegah Cyber Bullying. (FOTO: Instagram)

Gunakan AI, Instagram Ciptakan Fitur Baru untuk Cegah Cyber Bullying. (FOTO: Instagram)

Instagram mulai meluncurkan dua fitur baru.

Selama beberapa hari terakhir, Instagram mulai meluncurkan dua fitur baru, Restrict (Pembatasan) dan pencegahan komentar negatif. Fitur ini yang didukung oleh kecerdasan buatan (Artifical Intelligence/AI) untuk dapat mengirimkan notifikasi/peringatan kepada pengguna saat mereka akan mem-posting komentar yang sifatnya ofensif.

Head of Instagram, Adam Mosseri, mengatakan intervensi ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mempertimbangkan kembali dan mengurungkan komentar mereka sehingga mencegah penerima mendapatkan notifikasi komentar yang kurang nyaman.

"Sejak uji coba awal fitur ini, Instagram menemukan bahwa fitur ini mendorong sebagian orang mengurungkan komentar ofensif mereka dan membagikan hal yang sifatnya lebih baik setelah mereka melakukan refleksi diri," ujar Mosseri dalam keterangan tertulis yang diterima Warta Ekonomi di Jakarta, Selasa (9/7/2019).

Baca Juga: Instagram Kenalkan Fitur Interaktif Baru, Apa Itu?

Ia melanjutkan, Instagram tahu bahwa perundungan (bullying) adalah tantangan yang dihadapi banyak orang, khususnya kaum muda. Instagram berkomitmen untuk memimpin industri ini dalam melakukan perlawanan terhadap cyber bullying dan mempertimbangkan kembali pengalaman yang ada di Instagram secara keseluruhan guna mencapai komitmen tersebut.

"Hari ini, kami mengumumkan fitur baru yang dapat menjawab kedua hal tersebut. Fitur ini dirancang berdasarkan pemahaman mendalam tentang bagaimana orang biasanya melakukan perundungan dan bagaimana mereka merespon perilaku perundungan di Instagram. Namun, pemahaman tersebut hanya merupakan dua buah bagian dari upaya panjang dalam melawan perundungan," tambah Mosseri.

Baca Juga: Instagram Buat Pengguna Android Lebih Hemat Data, Ini Caranya

Dalam waktu dekat, Instagram akan mulai melakukan uji coba fitur baru untuk melindungi akun Anda dari interaksi yang tidak diinginkan. Setelah Anda membatasi seseorang, ketika orang tersebut meninggalkan komentar di posting-an Anda, maka komentar tersebut hanya dapat dilihat oleh orang tersebut.

Anda dapat memilih untuk memperlihatkan komentar orang yang dibatasi kepada orang lain dengan cara menyetujui komentar mereka. Orang yang dibatasi tidak dapat melihat apakah Anda sedang aktif di Instagram atau telah membaca pesan mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA