Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Sunday, 11 Jumadil Akhir 1442 / 24 January 2021

Kebakaran Lahan di Aceh Capai 111,4 Hektare

Selasa 09 Jul 2019 14:21 WIB

Red: Friska Yolanda

Suasana kebakaran lahan gambut di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Aceh Barat, Aceh, Senin (8/7/2019).

Suasana kebakaran lahan gambut di Desa Napai, Kecamatan Woyla Barat, Aceh Barat, Aceh, Senin (8/7/2019).

Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Kebakaran terjadi di 10 kabupaten di Provinsi Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan luas lahan yang terbakar akibat musim kemarau di Provinsi Aceh sudah mencapai 111,4 hektare. Kebakaran tersebut tersebar di 10 kabupaten di provinsi terujung Indonesia tersebut.

"Kebakaran lahan seluas kurang lebih 111,4 Hektare di Aceh, 90 persen di antaranya dapat dipadamkan," kata Kepala BPBATeuku Ahmad Dadek, Selasa (9/7).

Adapun 10 kabupaten yang terjadi kebakaran lahan ini di antaranya, Kabupaten Nagan Raya meliputi empat kecamatan yaitu di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya serta Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur. Luas lahan yang terbakar mencapai 32,5 hektare.

Baca Juga

Sedangkan di Kabupaten Aceh Barat, lokasi kebakaran terjadi di empat kecamatan seperti di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, Desa Suak Panteu Breuh Kecamatan Samatiga, Desa Napai Kecamatan Woyla Barat serta Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo dengan luas lahan sekitar 45 hektare. Di Kabupaten Aceh Besar kebakaran juga melanda lima kecamatan seperti di Desa Jantang Kecamatan Lhoong, Desa Ujong Batee Kecamatan Masjid Raya, Desa Cot Kareung Kecamatan Lembah Seulawah, Desa Beuradeun Kecamatan Peukan Bada, Desa Pulot Kecamatan Leupung dengan luas lahan yang terbakar sekitar 19 hektare.

Untuk Kabupaten Aceh Jaya, kata Teuku Ahmad Dadek, luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare yang tersebar di beberapa titik seperti di Kecamatan Pangan, Setia Bakti, Masjid Raya dan Kecamatan Teunom. Sedangkan kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah di Desa Sumber Daya, Kecamatan Timang Gajah luas lahan yang terbakar sekitar 1/4 hektare, di Kabupaten Aceh Barat Daya lahan yang terbakar mencapai 3 hektare di Kecamatan Babah Rot.

Di Kabupaten Aceh Selatan, kebakaran lahan juga melanda 3,5 hektare lahan di Kecamatan Bakongan. Kemudian di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues api juga membakar lahan masing-masing seluas satu hektare.

Sedangkan di Kabupaten Aceh Singkil, kebakaran lahan juga terjadi di Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4 hektare. "Selain upaya pemadaman api, kami juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat, termasuk memasang spanduk di 100 titik di Aceh dengan harapan warga tidak melakukan pembakaran lahan," katanya menambahkan.

Saat ini proses pemadaman api di beberapa titik kebakaran di Aceh masih terus dilakukan. Sebagian besar lokasi kebakaran lahan juga sudah mampu dipadamkan petugas di masing-masing daerah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA