Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Menag akan Dalami Qanun Poligami di Aceh

Senin 08 Jul 2019 16:24 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Menag Lukman mengaku belum mengetahu isi rancangan qanun soal poligami di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan akan mendalami rancangan peraturan daerah (qanun) poligami yang akan diterapkan di Aceh. Ia pun mengaku, hingga saat ini belum mengetahui isi rancangan qanun tersebut.

"Kita akan dalami dulu isinya, karena dokumennya kita belum tahu isi rancangan qanun seperti apa kita masih belum tahu. Kita sedang akan dalami terlebih dahulu apa kontennya apa substansi pengaturan regulasi itu," ujar Lukman di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7).

Baca Juga

Menurut dia, selama ini poligami sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974. Kendati demikian, ia menegaskan masih akan mendalami rancangan qanun poligami yang akan diterapkan di Aceh tersebut.

"Kalau judulnya legalisasi poligami itu kita harus klarifikasi terlebih dahulu. Memangnya selama ini poligami gak legal, di UU 1 (Tahun) 74 kan sebenarnya sudah ada beberapa ketentuan tapi kita akan dalami isinya seperti apa," kata Lukman.

Seperti diketahui, Pemerintah Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh tengah membahas perda atau qanun untuk melegalkan poligami. Sebab, di Aceh kini sedang banyak terjadi praktik pernikahan siri. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA