Ahad 07 Jul 2019 12:27 WIB

Kulit Telur Disulap Jadi Produk Kecantikan Bedak Tabur

Kandungan dalam cangkang telur cocok untuk produk kecantikan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Cangkang telur
Foto: pixabay
Cangkang telur

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Tiga mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbannas Surabaya berinovasi memanfaatkan kulit atau cangkang telur menjadi produk kecantikan berupa bedak tabur. Ketiga mahasiswa tersebut, yaitu Nur Maghfirotul Auliyah, M. Yusril Izza, dan Rica Kurnia Ramadani. Salah satu pencetus inovasi, Nur Maghfirotul Auliyah berpendapat, memanfaatkan barang yang dianggap sampah menjadi sesuatu yang bernilai memang terbilang sulit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Dia mengungkapkan, ide ini bermula dari sampah cangkang telur yang berserakan dan menjadi limbah di tengah masyarakat. Melihat kondisi tersebut, Auliyah bersama timnya mencoba menguji laboratorium cangkang telur untuk mengetahui kandungannya.

"Akhirnya ditemukan kandungan kalsium karbonat (CaCO3) 94,47 persen dan kolagen  0,012 persen. Ini artinya keduanya cocok untuk produk kecantikan," kata Auliyah melalui pesan singkatnya, Ahad (7/7).

Auliyah mengungkapkan, untuk membuat produk yang diberi nama “Ray Beauty” tersebut, komposisinya tidak hanya kulit telur. Produk tersebut juga berkomposisi tepung beras, dan bubuk kunyit. Prosesnya, kulit telur dibersihkan dari kotorannya hingga bersih menggunakan air dan direbus di air yang sudah mendidih.

Selanjutnya proses direndam dengan perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari kulit telur. Kulit telur tersebut dikeringkan di bawah sinar matahari dan diblender sampai halus dan menjadi bubuk,” kata Auliyah.

Kemudian, lanjut dia, proses akhirnya dicampurkan dengan tepung beras dan bubuk kunyit sebagai pewarna alami. Takaran setiap kemasan memiliki berat 25 gram dan dijual dengan harga Rp 20 ribu. Auliyah mengklaim, produk bedak kulit telurnya ini sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengurangi flek hitam, wajah tampak lebih halus, mencegah penuaan dini, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement