Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Wali Kota Padang Usul Materi Pendidikan Keluarga Diajarkan

Ahad 07 Jul 2019 10:01 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Hasanul Rizqa

Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah.

Walikota Padang, Mahyeldi Ansarullah.

Foto: Antara/Maril Gafur
Wali Kota Padang membawa usulan itu ke BKKBN dan Kementerian PPPA

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menilai, selama ini pendidikan tentang keluarga diperoleh anak-anak hanya dari pihak orang tua dan lingkungan rumah. Baginya, keadaan itu masih perlu ditunjang. Sebab, ada perbedaan kondisi masing-masing keluarga dan lingkungan tempat anak-anak bertumbuh.

Maka dari itu, dia mengusulkan agar materi pendidikan keluarga diajarkan kepada anak-anak di pendidikan formal, sejak level SMA hingga perguruan tinggi. Mahyeldi akan membawa usulannya itu kepada pihak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Baca Juga

"Hal itu agar generasi muda memiliki pengetahuan dan wawasan tentang keluarga, ketahanan keluarga, dan masa depan keluarga,'' kata Mahyeldi melalui keterangan tertulis yang diterima Republika, Ahad (7/7).

Mahyeldi menambahkan, Pemerintah Kota Padang juga telah melakukan pelbagai upaya memperkuat ketahanan keluarga. Di antaranya adalah program "18-21 Golden Hours", yakni imbauan agar setiap keluarga memanfaatkan waktu sejak pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Durasi tiga jam itu dapat digunakan agar anak-anak didampingi keluarga untuk saling bercerita, beribadah bersama, makan bersama, serta pelbagai aktivitas lainnya yang bernilai positif.

Sebagai informasi, Kota Padang akan menjadi tuan rumah gelaran Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII 2020. Mahyeldi bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit pada akhir pekan ini menerima penyerahan bendera pataka tuan rumah Harganas XXVII tahun 2020 dari Kepala BKKBN . Hasto Wardoyo di Kota Banjarmasin.

Mahyeldi menyebut Kota Padang sudah siap menjadi penyelenggaran Harganas 2020. Pihaknya kata dia akan bekerja sama dengan BKKBN Perwakilan Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan BKKBN Pusat untum mensukseskan Harganas 2020. Tahun ini, Harganas XXVI dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

''Saya menyatakan kesiapan Kota Padang sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII tahun 2020,'' ujar Mahyeldi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA