Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

6 Langkah Mudah Merias Wajah Bagi Pemula

Sabtu 06 Jul 2019 09:47 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nur Aini

Merias wajah

Merias wajah

Foto: Popsugar
Ada enam hal dasar dalam mengaplikasikan riasan pada wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riasan wajah yang diaplikasikan dengan tepat dapat menonjolkan kecantikan seseorang. Sebaliknya, riasan wajah yang diaplikasikan dengan cara kurang tepat, riasan dapat membawa 'bencana' bagi penampilan.

Baca Juga

Namun, tak ada orang yang langsung ahli dalam merias wajah. Diperlukan latihan dan pemahaman yang baik mengenai riasan wajah agar dapat mengaplikasikan riasan dengan baik.

Bagi pemula, setidaknya ada enam hal dasar yang perlu diketahui sebelum mulai berlatih mengaplikasikan riasan pada wajah. Berikut ini adalah keenam hal dasar tersebut seperti dilansir Today.

Mempersiapkan Kulit

Dasar terpenting dari riasan wajah yang memukau adalah kondisi kulit yang cantik dan sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah melakukan eksfoliasi kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

"Eksfoliasi wajah dan leher Anda sebanyak 2-3 kali per minggu," ungkap penata rias Bryan Cantor.

Eksfoliasi merupakan salah satu hal terpenting untuk membuat kulit tampak bersih. Eksfoliasi juga akan membuat produk-produk perawatan kulit terserap lebih baik oleh kulit.

Selain eksfoliasi, penggunaan masker wajah secara rutin juga boleh dilakukan. Gunakan masker wajah sekitar tiga kali per minggu. Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah selalu mengaplikasikan pelembap pada kulit.

Memilih Foundation Sesuai Warna Kulit

Kunci keberhasilan lain dalam mengaplikasikan riasan wajah adalah memilih foundation dengan warna yang sesuai dengan kulit. Pemilihan warna tersebut mungkin tampak sulit mengingat sebagian besar orang memiliki warna kulit yang berbeda pada bagian wajah, leher dan dada.

Untuk menyeragamkan warna kulit yang berbeda-beda ini, pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit di area dada. Setelah mendapatkan foundation dengan warna yang tepat, aplikasikan foundation ke area wajah hingga leher.

"Ini akan membuat kulit Anda tampak memiliki warna yang sama, dan mencegah Anda untuk terlihat seperti foto yang diedit dengan warna kepala yang cokelat dan kulit badan yang pucat," kata Cantor.

Memilih Concealer

Tiap concealer memiliki fungsi dan 'cara kerja' yang berbeda. Concealer yang digunakan untuk menutupi warna gelap di bawah mata akan berbeda dengan concealer yang digunakan untuk menutupi warna kemerahan pada kulit.

Cara pengaplikasian concealer juga cenderung berbeda-beda. Untuk di bawah mata misalnya, concealer bisa diaplikasikan dengan menggunakan ujung kuas dan membentuk segitiga terbalik. Beri sedikit jarak antara concealer dan bulu mata agar penampilan tampak alami.

Setelah itu, ratakan concealer dengan menggunakan ujung jari secara lembut hingga concealer menyatu dengan kulit. Panas dari jari akan membuat concealer tampak lebih natural.

Sedangkan untuk warna kemerahan pada wajah, gunakan blending brush untuk mengaplikasikan concealer. Ambil sedikit concealer dengan blending brush dan hentakkan sedikit gagang blencing brush di punggung tangan untuk membuang kelebihan concealer.

Setelah itu, aplikasikan concealer ke area yang diinginkan beberapa kali sampai warna kemerahan samar. Ratakan dengan halus agar concealer menyatu dengan warna kulit wajah.

Mengaplikasikan Lipstik

Seperti halnya riasan pada kulit wajah, dasar terpenting dalam mengaplikasikan lipstik adalah kondisi bibir yang sehat. Lipstik sebagus dan semahal apapun akan tampak kurang baik bila diaplikasikan pada bibir kering atau pecah-pecah.

"Perawatan rutin bibir yang baik itu penting," kata Cantor.

Salah satu cara untuk merawat bibir adalah dengan menggunakan scrub khusus bibir. Scrub ini akan membuat bibir tampak halus dan terhindar dari pecah-pecah.

Bila kondisi bibir sudah bagus, langkah lain yang perlu dilakukan adalah memilih warna lipstik yang tepat. Cantor mengatakan salah satu warna yang sedang tren saat ini adalah warna yang cerah dan menarik perhatian.

"Neon merupakan tren besar saat ini, jadi temukan produk lipstik berwarna neon yang bagus untuk menonjolkan warna pada penampilan Anda sekaligus tetap mengikuti tren," ungkap Cantor.

Mengaplikasikan Riasan Mata

Cara yang sangat mudah untuk mengaplikasikan riasan mata adalah dengan menambahkan eyeliner hitam di area waterline atau bawah mata. Setelah itu, usap atau smudge eyeliner tersebut ke bulu mata.

Untuk area kelopak mata, Cantor menyarankan pengaplikasikan glitter eyeliner. Penggunaan glitter eyeliner akan membuat mata tampak lebih bersinar saat berkedip.

Memperindah Alis

Bentuk dan riasan alis merupakan kunci untuk membingkai wajah. Oleh karena itu, penata rias Annie Tevelin menyarankan agar pensil alis yang digunakan untuk merias alis memiliki warna yang sesuai atau mirip dengan warna alis asli.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA