Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Tinggal di Dekat Laut Buat Lansia Lebih Sehat

Jumat 05 Jul 2019 11:19 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Liburan di pantai (Ilustrasi)

Liburan di pantai (Ilustrasi)

Foto: Womanitely
Tak banyak yang menyadari bahwa laut dapat memberi dampak positif bagi kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Laut mungkin menjadi tempat rekreasi favorit banyak orang. Namun tak banyak yang menyadari bahwa laut juga dapat memberi dampak positif bagi kesehatan.

Setidaknya itu yang diungkapkan oleh tim peneliti dalam jurnal Health and Place. Tim peneliti yang diketuai Profesor Martin Wong melakukan survei terhadap 1.000 orang yang mengunjungi pusat skrining kanker di Sha Tin, Hong Kong. Sekitar 80 persen dari para partisipan yang terlibat dalam studi ini berusia di atas 50 tahun.

Dalam survei ini, Wong dan tim bertanya mengenai kontak para partisipan dengan laut dan badan air lain. Dari analisis itu terkumpul beragam data. Wong dan tim menemukan bahwa kontak dengan laut atau perairan dapat memberi manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan pada berbagai kelompok usia.

Berdasarkan temuan ini, Jo Garrett dari University of Exeter menyimpulkan bahwa pelabuhan, pantai, hingga badan-badan air alami lain dapat menjadi sumber kesehatan masyarakat yang penting setidaknya untuk lansia. Alasannya, orang-orang yang tinggal di dekat lingkungan perairan seperti laut cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik.

"Sedangkan orang-orang yang berkunjung secara rutin ke laut memiliki kesejahteraan yang lebih baik," ungkap Garrett seperti dilansir South China Morning Post.

Menurut temuan tim peneliti, orang-orang yang tempat tinggalnya hanya berjarak 10-15 menit berjalan kaki dari laut merasa memiliki fasilitas yang baik dan alam terbuka untuk dinikmati. Selain itu, mengunjungi pantai atau badan-badan air dan beraktivitas di sana selama setidaknya satu jam juga berkaitan dengan kesejahteraan dan kesehatan yang lebih baik.

Seorang warga yang tinggal di Hong Kong, Kathryn Rosie, setuju dengan hal ini. Menurut Rosie, tinggal di area yang memiliki pemandangan cantik seperti laut dapat membuat dirinya merasa lebih rileks.

"Ruang biru seperti ini penting untuk tempat seperti Hong Kong karena pola kerja berat dan jam kerja hebat yang harus dilakukan banyak orang," terang Rosie.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan seseorang, khususnya lansia, ketika mereka tinggal di dekat laut atau pantai. Salah satunya adalah melakukan aqua therapy di pagi hari untuk menjaga pola hidup sehat.

"Tinggal di dekat air memberikan saya keberanian untuk bereksplorasi lebih banyak dari yang saya kira saya mampu lakukan," terang Rosie.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA