Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Pasokan Pindah ke Daerah Lain, Harga Cabai di Padang Naik

Kamis 04 Jul 2019 13:21 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Friska Yolanda

Cabai merah

Cabai merah

Foto: Antara/Budi Candra Setya
Perpindahan pasokan cabai untuk mengantisipasi kenaikan harga cabai di daerah lain.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Harga cabai merah kriting berkisar di harga Rp 60 ribu sampai Rp 68 ribu per kilogram di Pasar Raya Kota Padang. Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal, kenaikan harga cabai merah di Padang merupakan dampak dari kenaikan harga barang tersebut di tingkat nasional. 

Baca Juga

Sebenarnya, kata Endrizal, di Padang harga cabai bisa normal karena pasokan sejak awal terjaga dan lancar. Namun, kini pasokan yang diharapkan untuk kebutuhan Padang justru banyak dijual seperti ke Pekanbaru, Riau dan ke beberapa kota lain. Sehingga pasokan di Padang jadi berkurang yang berdampak pada kenaikan harga cabai juga terjadi di Padang. 

"Pasokan kita sebenarnya aman. Tapi karena dampak kenaikan harga cabai secara nasional, pasokan kita ini justru keluar," kata Endrizal kepada Republika.co.id, Kamis (4/7).

Endrizal menjelaskan kisaran harga cabai di Kota Padang Rp 60 ribu sampai Rp 68 ribu bervariasi di masing-masing pedagang. Pemkot Padang kata Endrizal kini berupaya agar pasokan cabai merah di Padang kembali bertambah dan berharap tidak keluar provinsi. Tapi Pemko kata dia tidak dapat serta merta melarang pedagang menjual ke pembeli yang lebih mahal karena itu merupakan hak dari pembeli. 

"Kita tidak bisa melarang pedagang menjual kepada yang lebih mahal. Yang namanya pedagang tentu ingin dibeli mahal," ujar Endrizal. 

Pantauan Republika.co.id melalui aplikasi rilis harga cabai di Kota Padang, untuk cabai merah kriting tercatat per kilogram seharga Rp 67.500. Untuk cabe rawit hijau dijual seharga Rp 60 ribu per kilogram. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA