Senin 01 Jul 2019 11:35 WIB

Olimpiade Sains Nasional Ajang Cetak Ilmuwan Kelas Dunia

Sains dan teknologi membantu manusia dalam meningkatkan taraf kehidupan.

Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN).
Foto: blogibnuseru.blogspot.com
Medali Olimpiade Sains Nasional (OSN).

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Didik Suhardi mengatakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bertujuan mencetak calon ilmuwan kelas dunia.

"Ajang tahunan ini merupakan salah satu upaya pemerintah mencetak calon ilmuwan berkelas dunia yang akan membawa Indonesia pada kesejahteraan," katanya saat membuka OSN XVIII di Manado, Sulawesi Utara, Senin (1/7).

Baca Juga

Ia menambahkan sains dan teknologi akan sangat membantu manusia dalam meningkatkan taraf kehidupan dan menyelesaikan permasalahan yang ada secara cepat dan akurat. Ajang OSN, kata dia, juga menjadi sarana mendapatkan siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia di kompetisi sains tingkat internasional.

Oleh karena itu, Kemendikbud senantiasa berupaya memfasilitasi siswa-siswi di Tanah Air agar bisa belajar seperti para ilmuwan dunia melalui pelengkapan fasilitas laboratorium, alat peraga pembelajaran, dan produk teknologi terbaru. Ia menjelaskan sumber daya manusia Indonesia harus mampu menguasai sains dan teknologi di seluruh bidang kehidupan.

Namun, Didik tidak memungkiri hadirnya dampak negatif di balik upaya peningkatan sumber daya dan sarana-prasarana teknologi, seperti pencemaran lingkungan, maraknya hoaks, hingga pergeseran budaya. "Agar sains dan teknologi dapat memberikan pengaruh yang positif, diperlukan kolaborasi rasionalitas dan nilai-nilai empiris dengan nilai-nilai moral yang berakar pada budaya bangsa dan nilai-nilai religius, sehingga pemanfaatannya diiringi rasa tanggung jawab secara penuh," katanya.

Hal itu, menurut Didik, dapat dilakukan dengan penumbuhan budaya literasi dan penguatan pendidikan karakter di semua satuan pendidikan. OSN jenjang SMA/MA diikuti siswa berprestasi dari seluruh Tanah Air. OSN terdiri atas beberapa bidang yakni Fisika Kimia, Biologi, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, Geografi, dan Informatika.

Kegiatan OSN SMA/MA XVIII2019 mengangkat tema "Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan". Selain di Manado, ajang OSN juga diselenggarakan di Yogyakarta untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs.

 

photo
Sejumlah peserta tampak berfoto di booth OSN Sulawesi Utara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement