Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Warren Buffett Donasikan Saham Miliknya Rp 50,76 Triliun

Selasa 02 Jul 2019 01:42 WIB

Red: Nidia Zuraya

Warren Buffet, orang terkaya dunia nomor empat.

Warren Buffet, orang terkaya dunia nomor empat.

Foto: Reuters
Saham milik Warren Buffett ini didonasikan kepada lima badan amal

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Warren Buffett, orang terkaya keempat di dunia, menyumbangkan sahamnya di Berkshire Hathaway senilai sekitar 3,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 50,76 triliun (kurs Rp 14.100 per dolar AS). Saham tersebut disumbangkan kepada lima badan amal, termasuk satu yang dijalankan oleh pendiri Microsoft (MSFT) Bill Gates dan istrinya Melinda Gates.

Dilansir CNN, Senin (1/7), Buffett memiliki kekayaan bersih lebih dari 87 miliar dolar AS menurut indeks kekayaan yang dilacak oleh Forbes dan Bloomberg. Dia mengubah beberapa saham A miliknya dari Berkshire Hathaway (BRKA) menjadi saham B (BRKB) perusahaan.

Buffett memberikan sahamnya kepada Yayasan Bill & Melinda Gates, Yayasan Susan Thompson Buffett, Yayasan Sherwood, Yayasan Howard G Buffett dan Yayasan NoVo.

Saham Berkshire kelas A, yang memungkinkan investor untuk memiliki lebih banyak hak suara, diperdagangkan pada level lebih dari 321 ribu dolar AS hanya dengan satu saham. Sedangkan saham B, yang diperuntukkan bagi investor biasa, diperdagangkan dengan harga lebih terjangkau sekitar 214 dolar AS.

Susan Thompson Buffett adalah istri Warren Warren. Tiga badan amal lainnya dijalankan oleh anak-anak Buffett, Susan, Howard dan Peter dan keluarga mereka.

Oracle of Omaha menyumbangkan sekitar 3,4 miliar dolar AS saham miliknya di Berkshire kepada lima badan amal yang sama tahun lalu. Langkah itu membuat Bill dan Melinda Gates Foundation menjadi salah satu pemegang saham besar di Berkshire Hathaway.

Dalam pengajuan SEC tahun lalu, Yayasan Bill dan Melinda Gates mengatakan pihaknya berencana menjual 60 juta saham Berkshire pada 30 Juni 2020, untuk disumbangkan ke badan amal.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA