Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Rumah Kreatif BUMN Diluncurkan di Lombok Barat

Senin 01 Jul 2019 10:20 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda

Mobil rumah kreatif BUMN (RKB) juga hadir di Denpasar Bali guna mendorong UMKM.

Mobil rumah kreatif BUMN (RKB) juga hadir di Denpasar Bali guna mendorong UMKM.

Foto: Republika/Hiru Muhammad
RKB Lombok Barat merupakan rumah belajar dan fasilitator bagi UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Rumah Kreatif BUMN (RKB) Lombok Barat resmi diluncurkan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Sabtu (29/6) lalu. Asisten II Bidang Pemerekonimian dan Pembangunan, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Lale Prayatni mengatakan, RKB Lombok Barat merupakan rumah belajar dan fasilitator bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ingin mengembangkan usaha dan naik kelas meliputi pelatihan, pembinaan, permodalan, pemasaran, hingga perizinan dan sertifikasi.

Baca Juga

Lale menyampaikan pentingnya membantu mengentaskan kendala yang dihadapi UMKM di lapangan."Sebanyak 10.338 UMKM Lombok Barat yang tercatat di Dinas Koperasi, mayoritas memiliki dua masalah utama yakni permodalan dan pemasaran. Melalui pergub dan dengan adanya RKB ini diharapkan dapat mengeliminasi kendala tersebut, terutama yang dihadapi UMKM yang belum maju," ujar Lale.

Lale mengapresiasi kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) atas konstribusinya kepada Kabupaten Lombok Barat. RKB Lombok Barat berlokasi di Jalan Raya Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Lombak Barat menyediakan tempat sebagai wadah pelaku usaha di Lombok Barat untuk berkumpul dan berbagi pengetahuan. Program-program RKB akan difokuskan untuk pelatihan dan pembinaan tematik yang disesuaikan oleh kebutuhan anggota dengan mendatangkan pakar dalam bidang terkait.

Senior Manager SDM dan Umum PLN UIW NTB, Sumarno menyampaikan tujuan dari RKB ini sendiri untuk meningkatkan perekonomian kerakyatan dan daerah di Lombok Barat yang dimulai dari UMKM. "Dengan peran RKB sebagai jembatan menuju UMKM yang lebih tangguh ini, semoga dapat dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku usaha," kata Sumarno.

Peluncuran ini dihadiri 50 pemilik UMKM yang antusias datang dari beberapa kecamatan yang ada di Lombok Barat, mulai dari jenis usaha, makanan, fashion, jasa, kerajinan, agrobisnis dan lainnya. Pengusaha kerajinan ketak, Subhan Sulaiman, mengaku gembira dengan adanya program ini lantaran dapat memberikan pengetahuan baru tentang dunia wirausaha.

Senang dapat diundang ke acara ini, dapat bertemu dengan sesama pelaku usaha dan dapat pengetahuan baru. "Saya berharap melalui RKB Lobar lebih banyak lagi kegiatan yang berdampak langsung kepada pemilik UMKM," ujar Subhan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA