Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Lewat Drama Penalti Peru Melangkah ke Semifinal

Ahad 30 Jun 2019 06:28 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita

Fan Peru merayakan keberhasilan tim nasionalnya lolos ke semifinal Copa America 2019.

Fan Peru merayakan keberhasilan tim nasionalnya lolos ke semifinal Copa America 2019.

Foto: EPA-EFE/Mauricio Duenas Castaneda
Luis Suarez gagal mengeksekusi penalti sehingga Uruguay tersingkir.

REPUBLIKA.CO.ID, SALVADOR -- Lewat pertandingan melelahkan timnas Peru berhasil melangkah ke babak semifinal Copa Amerika 2019 usai mengalahkan Uruguay lewat adu penalti 5-4 yang berlangsung di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Ahad (30/6) dini hari WIB. Kemenangan itu didapat setelah Luis Suarez gagal mengeksekusi penalti sehingga Uruguay tersingkir.

Dengan kepastian lolos ke semifinal Copa Amerika, tim besutan Ricardo Gareca bakal berhadapan dengan timnas Cile yang pada laga sebelumnya mampu mengatasi Kolombia melalui drama adu penalti. Laga Peru versus Cile akan digelar di Arena Gremio, Kamis (4/7).

Uruguay turun dengan komposisi terbaik yang mengandalkan duet bomber kelas wahid Luis Suarez dan Edinson Cavani. Kendati demikian, Peru mampu tampil disiplin sepanjang laga dan membuat lini depan Los Charruas frustrasi.

Baca Juga

Pertandingan baru memanas pada pertengahan babak pertama, Uruguay sempat berhasil merobek Peru yang dikawal Pedro Gallase menit ke-35 lewat aksi Giorgian De Arrascaeta. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Gonzalez lebih dahulu berada di posisi offside.

Peru baru bisa keluar dari tekanan saat pengujung interval pertama usai. Pada menit ke-42 Edison Flores melakukan spekulasi dengan melepas tembakan jauh dari luar kotak penalti, tetapi bola masih bisa dimentahkan kiper Fernando Muslera. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Uruguay langsung memainkan permainan menekan. Peluang emas hadir pada menit ke-58,  Suarez melepaskan umpan tarik ke depan gawang Peru. Bola langsung disambar Diego Godin, tetapi arahanya masih melebar tipis dari gawang lawan.

Pendukung timnas Uruguay bergemuruh ketika Cavani berhasil menyarangkan bola ke gawang Gallase menit ke-60. Namun, naas gol itu kembali dianulir oleh wasit karena striker Paris Saint-Germain (PSG) lebih dahulu terperangkap offside.

Hal yang sama kembali terjadi pada menit ke-73, giliran gol Suarez yang kembali dianggap tidak sah oleh hakim lapangan hijau. Peluit panjang berbunyi dan membuat laga harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Suarez yang menjadi algojo pertama bagi Uruguay justru gagal mencetak gol setelah bola mampu ditepis Gallase. Jose Paolo Guerrero jadi penendatng pertama Peru dan mampu mengecoh Musler, skor 1-0 untuk Peru.

Cavani membawa Uruguay menyamakan keduduka  1-1 usai memperdaya kiper lawan melalui tendangan kerasnya. Peru kembali memimpin menjadi 2-1lewat eksekusi Raul Ruidiaz.

Sisanya, Christian Suani, Rodrigo Bentancur, dan Lucas Torreira sebagai penendang kelima berhasil merobek gawang lawan. Sama halanya dengan tiga algojo Peru Yoshimar Yotun, Luis Advincula, pun Edison Flores yang memastikan gol terakhir sekaligus mengantarkan Peru ke semifinal Copa Amerika.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA