Advertisement

Bahas RUU Wawasan Nusantara, DPD-Lemhanas Gelar Audiensi

Kamis 27 Jun 2019 17:42 WIB

Red: Gita Amanda

Audiensi PPUU dengan Lemhanas membahas RUU Wawasan Nusantara yang diinisiasi DPD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia Perancang Undang-Undang (PPUU) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) melakukan audiensi dengan Lembaga Ketahanan  Nasional (Lemhanas) RI. Audiensi membahas mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Wawasan Nusantara yang diinisiasi oleh DPD di Gedung Lemhanas, Kamis (27/6).

Audiensi dipimpin Ketua PPUU DPD RI John Pieris dan Gubernur Lemhanas RI Letnan Jenderal TNI Agus Widjojo. Mereka membahas RUU tentang Wawasan Nusantara. Beberapa hal yang mendasari usulan RUU Wawasan Nusantara terutama berkaitan dengan persoalan ketatanegaraan, sosial, politik, dan kebudayaan, di mana negara kita yang sangat heterogen ini rentan terhadap disintegrasi bangsa.

Baca Juga

Salah satu latar belakang dari konsepsi RUU tentang Wawasan Nusantara adalah belum adanya instrumen hukum yang dapat menjamin terlaksananya konsepsi wawasan nusantara. Inilah yang kemudian menjadi salah satu pemicu bagi DPD untuk mempertegas pelaksanaan nilai - nilai kebangsaan  agar dapat dimuat secara komprehensif. 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA