Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Ini Pesan Rektor Unnes kepada Para Wisudawan

Kamis 27 Jun 2019 12:28 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman MHum memberikan ijazah dan penghargaan kepada para wisudawan terbaik Unnes dari jenjang S3, S2, S1 dan D3.

Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman MHum memberikan ijazah dan penghargaan kepada para wisudawan terbaik Unnes dari jenjang S3, S2, S1 dan D3.

Foto: Republika/Irwan Kelana
Unnes termasuk satu dari 85 PT di Indonesia yang berakreditasi A (unggul).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar wisuda priode II tahun 2019. Kegiatan tersebut diadakan di Gedung Prof Wuryanto Auditorium Unnes, Semarang, Rabu dan Kamis (27 dan 28 Juni 2019).

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya perlu memantapkan kembali rasa bangga menjadi bagian keluarga besar Unnes. Sebab, sebentar lagi Saudara akan meninggalkan kampus untuk berpetualang di dunia yang lebih luas peluang dan tantangannya. Sekali lagi, saya berharap rasa bangga terus Saudara pupuk dan gelorakan kepada dunia, sehingga Unnes  mampu mendunia,” kata Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman MHum, saat memberikan sambutan pada wisuda priode II tahun 2019, Kamis (27/6).

Ia menyebutkan beberapa keunggulan Unnes, antara lain,  Unnes  sebagai PTN unggul yang dikukuhkan dengan pencapaian akreditasi perguruan tinggi (APT) A. “Dari 4.674 PT di Indonesia, hanya 85 PT yang terakreditasi A (unggul), Unnes termasuk di dalamnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, Unnes berhasil meraih peringkat kampus terhijau urutan 5 nasional dan 85 dunia. “Untuk kategori pendidikan karakter Unnes berada pada peringkat 1 di Indonesia dan 13 dunia. Jumlah prodi terakreditasi unggul sebanyak 64 persen,” tuturnya. 

Fathur Rokhman menyebutkan, di  ajang bergensi Sinta Award tahun 2019,  Unnes dinyatakan sebagai institusi dengan jurnal terbanyak terindeks di Sinta (96 Jurnal). Pada pemeringkatan Kemenristekdikti, Unnes nomor 16 nasional. 

“Tata kelola Unnes  dinyatakan sebagai PTN BLU terbaik II se-Indonesia dan tata kelola keuangan berpredikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 tahun berturut-turut.  Reformasi birokasi Unnes  masuk pada 10 terbaik nasional,” paparnya.

Unnes pun menaruh perhatian terhadap mahasiswa yang kurang mampu.  “Unnes termasuk perguruan tinggi yang telah memberikan lebih dari 20 persen  mahasiswa yang kurang mampu ekonomi tetapi berprestasi (afirmasi) sebanyak 27 persen dari total jumlah mahasiswa,” ungkapnya.

Rektor menambahkan, di bidang kemahasiswaan, Unnes  menempati nomor  7 Nasional.  Pengelolaan bidikmisi Unnes dinyatakan sebagai pengelola terbaik III tahun 2018.  “Prestasi terbaru, Unnes  ditempatkan sebagai PTN Terfavorit nomor  6 SNMPTN dan nomor  5 SBMPTN tahuan 2019,” ujarnya.

Kebanggaan lain para orang tua wisudawan, kata rector,  dapat dilihat melalui kiprah para lulusan. Unnes  telah menghasilkan lulusan yang mampu memberikan inspirasi Indonesia dan bahkan internasional. “Di antaranya, ada yang memperoleh beasiswa S2 dan S3 di luar negeri, entrepeneur muda, ilustrator internasional, guru/kepala sekolah berprestasi , dan pagi ini yang di wisuda, seorang atlet berprestasi yang telah memperoleh mendali emas pada ajang Asian Games 2018 di Jakarta Indonesia,” tuturnya.

Rektor mengatakan, berbagai capaian Unnes saat ini terus memacu pihaknya  untuk berlari dan bahkan melompat agar lebih baik. “Ke depan, kami terus berkomitmen untuk menjadi PTN Unggul dengan semangat mendorong mahasiswa untuk (1) Lulus Tepat Waktu,  (2) IPK  tinggi, (3) Bela Negara, (4) Berjiwa Kewirausahaan, dan (5) Berkarakter Konservasi. Kami pun selalu mohon dukungan dan doa restu dari Bapak/Ibu/ Saudara sekalian agar UNNES tetap istiqomah untuk mencapai visi sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional,” papar Fathur Rokhman. 

Untuk menambah wawasan dan inspirasi bagi para wisudawan dan orang tua wisudawan, pada kesempatan tersebut Unnes mengudang tokoh nasional, yakni Prof  Dr Ir  Rokhmin Dahuri  MS. “Guru Besar Kelautan dan Perikanan IPB, dan Menteri Kelautan dan Perikanan era Kabinet Gotong Royong ini kita undang untuk  memberikan pencerahan dan pematik inspirasi bagi kita yang hidup di tengah generasi milenial,” ujar Rektor Unnes.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA