Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Berkat Digital, Dompet Dhuafa Genjot Penerimaan Zakat

Rabu 26 Jun 2019 16:17 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Hasanul Rizqa

Logo Dompet Dhuafa.

Logo Dompet Dhuafa.

Foto: dok: Dompet Dhuafa
Dengan mengandalkan teknologi digital, Dompet Dhuafa menggenjot penerimaan zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi informasi (TI) semakin deras. Semakin banyaknya transaksi perbankan yang mengandalkan teknologi digital. Hal itu menginspirasi Dompet Dhuafa (DD) untuk menerapkannya pada penyebaran zakat fitrah.

Melalui program Zakaf Fitrah Digital, DD bekerja sama dengan Duit Hape membuat pembagian zakat fitrah menjadi lebih mudah, cepat, dan efisien. Direktur Eksekutif DD Yuli Pujihardi mengatakan, kerja sama ini terbukti mampu meningkatkan perolehan zakat dari tahun sebelumnya.

“Perolehan zakat naik 30 persen, dari Rp 57 miliar ke Rp 96 miliar tahun ini. Itu hanya di Jakarta dan ini melalui digital semua,” kata Yuli di Jakarta, Rabu (26/6).

Menurut dia, kerja sama ini sangat memudahkan para amil DD dalam pendistribusian zakat fitrah yang memang biasanya menumpuk di hari terakhir Ramadhan, atau menjelang hari raya. Jika masih mengandalkan pendistribusian secara manual, tentu tim tidak dapat maksimal dalam menyalurkan zakat, kata Yuli.

“Kalau dulu, kami sudah tutup tengah malam, dan kami sibuk kerja bagikan zakat sampai sebelum shubuh. Dan ini manual, makanya ini yang menyebabkan pembagiannya tidak maksimal. Selain itu, transparansi data mustahik juga kurang. Pendataan dan laporan juga lambat,” ujar Yuli.

“Makanya dengan kerja sama bersama Duit Hape ini, 5 menit sebelum shalat Id pun kami masih buka, karena pembagian zakat fitrah lebih cepat, akurat, dan transparan. Kami juga ingin program ini berkembang, bukan hanya zakat fitrah tapi juga merambah ke lainnya,” ujar dia.

Tahun ini, DD telah membagikan 3.500 paket sembako senilai 100 ribu rupiah bagi para penerima manfaat yang telah terdata melalui Duit Hape. Pendistribusian tersebut juga tidak menggunakan uang tunai (cashless) dan mengandalkan e-voucher yang sudah disebarkan tim Duit Hape melalui SMS.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA