Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Warga Serbu Otopet Listrik di Perayaan HUT Jakarta

Sabtu 22 Jun 2019 18:30 WIB

Red: Nur Aini

Pekerja menyelesaikan pembuatan panggung untuk HUT DKI Jakarta ke-492 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Pekerja menyelesaikan pembuatan panggung untuk HUT DKI Jakarta ke-492 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Kamis (20/6/2019).

Foto: Antara/Aprillio Akbar
Perayaan HUT Jakarta dipusatkan di sekitar bundaraan HI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga yang akan menyaksikan perayaan malam puncak Jakarta Night Festival menyerbu otopet (skuter) listrik dan sepeda yang ada di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Luar biasa ya antusias warga, sebenarnya saya belum menyewakan tapi ini sudah habis dan hanya ini yang bisa saya selamatkan," ujar Direktur PT Surya Teknologi Perkasa (Gowes) Iwan Suryaputra, di Bundaran HI, Sabtu (22/6).

Baca Juga

Hari ini sebenarnya, kata Iwan, hanya untuk mengenalkan dan meresmikan otopet listrik dan sepeda di panggung perayaan malam puncak HUT DKI Jakarta Night Festival. Namun, warga sudah penasaran untuk menjajal otopet listrik tersebut.

Menurutnya, biaya penyewaan yang masih digratiskan dan telah ditutupnya jalan menuju Bundaran HI sekitar pukul 16.00 WIB itu, menjadi faktor meningkatnya antusias warga untuk menjajal otopet listrik dan sepeda yang masih digratiskan dari biaya sewa.

Dari 75 otopet listrik dan 75 sepeda yang ditempatkan di sekitar Bundaran HI, terlihat hanya 16 otopet listrik dan sepeda yang tersisa di depan pintu masuk stasiun MRT Bundaran HI. Salah satu pengguna layanan Gowes, Vira mengatakan antusias mencoba layanan karena menurutnya penyewaan hal berbasis aplikasi itu merupakan hal yang baru.

"Pengen coba aja mumpung gratis, terus pakainya gampang tinggal scan aja bisa bawa keliling-keliling," ujar Vira.

Otopet listrik tersebut merupakan salah satu moda transportasi jarak pendek-menengah yang dikelola oleh PT Surya Teknologi Perkasa (Gowes). Tujuannya untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat DKI akan akses terpadu menuju transportasi massal.

Penggunaan Gowes tersebut cukup mudah, dengan mengunggah aplikasi, masyarakat bisa menemukan otopet/skuter listrik terdekat dan bisa menggunakannya ke berbagai tempat yang ingin dituju. Pada peluncuran awal, pemakaian otopet/skuter listrik ini akan dilakukan secara cuma-cuma alias gratis selama dua minggu pertama sementara sepeda akan gratis selama sebulan.

Sedangkan besok pada Car Free Day, Ahad (23/06) otopet listrik dan sepeda itu pertama kalinya akan dioperasikan di kawasan terbuka di Jalan Thamrin-Sudirman.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA