Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

Selasa, 16 Safar 1441 / 15 Oktober 2019

UNY Luncurkan Mobil Listrik

Sabtu 22 Jun 2019 14:23 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Peluncuran mobil listrik Garuda UNY, Jumat (21/6). Peluncuran  dilakukan Menteri Ristek Dikti, Mohamad Nasir, didampingi Rektor UNY,  Sutrisna Wibawa

Peluncuran mobil listrik Garuda UNY, Jumat (21/6). Peluncuran dilakukan Menteri Ristek Dikti, Mohamad Nasir, didampingi Rektor UNY, Sutrisna Wibawa

Foto: UNY
Target Indonesia pada 2025 sudah bisa melakukan produksi massal kendaraan listrik

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam rangka Dies Natalis ke-55 meluncurkan mobil listrik Garuda UNY. Peluncuran dilakukan Menteri Ristek dan Dikti, Mohamad Nasir.

Garuda UNY merupakan salah satu karya inovatif dari mahasiswa Fakultas Teknik UNY. Atas peluncuran itu, Nasir mengaku akan memberikan mendorong Indonesia melakukan produksi massal.

Nasir berharap, target Indonesia pada 2025 sudah bisa melakukan produksi massal kendaraan listrik yang ramah lingkungan bisa terwujud. Tentu, melalui kolaborasi dengan dunia industri.

"Saat ini inovasi bidang kendaraan listrik harus terus ditingkatkan, saya berharap pada 2025 nanti kita sudah mampu memproduksi secara massal," kata Nasir, Jumat (21/6).

Nasir mengapresiasi UNY atas capaian-capaian yang luar biasa dalam meningkatkan inovasi di bidang kendaraan listrik. Ia berharap, UNY ke depan menjadi _World Class University.

Namun, Nasir berpesan agar inovasi yang sudah dihasilkan jangan sampai sebatas inovasi. Artinya, inovasi-inovasi tersebut harus dapat dikomersialisasikan. Kemenristekdikti sendiri disebut telah menganggarkan Rp 100 miliar setiap tahun. Utamanya, untuk mendorong riset bidang kendaraan listrik yang hemat energi.

"Menciptakan kendaraan yang bebas polusi dengan menggandeng industri untuk mengembangkan suku cadang kendaraan listrik tersebut," ujar Nasir.

Pada kesempatan itu, Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menyampaikan,  peluncuran Mobil Listrik Garuda UNY harus dapat mendorong UNY. Khususnya, agar makin berkembang dan jadi kampus kelas dunia.

"Sebagai upaya-upaya untuk ikut mengembangkan pembangunan pendidikan di Indonesia," kata Sutrisna.

Selain mobil listrik Garuda UNY, ditampilkan pula Mobil Hemat Energi. Itu merupakan inovasi yang meraih rekor Asia dengan hitungan satu liter BBM menempuh 283 kilometer.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA