Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Cile ke Perempat Final Copa America, Ekuador Tersisih

Sabtu 22 Jun 2019 08:09 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Penyerang Cile Alexis Sanchez merayakan gol ke gawang Ekuador pada laga Grup C Copa America 2019 Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Sabtu (22/6) pagi WIB.

Penyerang Cile Alexis Sanchez merayakan gol ke gawang Ekuador pada laga Grup C Copa America 2019 Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Sabtu (22/6) pagi WIB.

Foto: AP Photo/Ricardo Mazalan
Cile menaklukkan Ekuador 2-1 pada laga Grup C di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cile memastikan langkah ke perempat final Copa America 2019. Tiket ke delapan besar diraih setelah Cile menaklukkan Ekuador 2-1 pada laga Grup C di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Sabtu (22/6) pagi WIB. 

Kemenangan ini membuat Cile memuncaki klasemen dengan nilai enam dari dua laga. Apa pun hasil pada laga pamungkas kontra Uruguay tak akan menghalangi langkah Alexis Sanchez dkk berlaga di perempat final. Sementara Ekuador dipastikan tersisih karena belum mendapatkan poin dari dua laga.

Hasil ini menguntungkan Uruguay. Edinson Cavani cs hanya perlu hasil imbang kontra Cile untuk lolos ke perempat final. Uruguay menempati posisi kedua dengan nilai empat, unggul tiga angka dan selisih gol dari Jepang di posisi ketiga. Jepang wajib menang besar atas Ekuador sembari mengharapkan Cile menjungkalkan Uruguay.

Baca Juga

Jalannya laga

Hanya butuh delapan menit buat Cile untuk bisa merobek gawang Ekuador. Tim besutan Reinaldo Rueda itu berhasil mencetak gol lewat sepakan keras dari Jose Fuenzalida, yang memanfaatkan kemelut di depan mulut gawang hasil tendangan penjuru.

Namun, setelah gol cepat ini, tempo permainan Cile mengendur. Alhasil, Ekuador mampu mengendalikan permainan dengan penguasaan bola mencapai lebih 53 persen.

Akhirnya, berbagai usaha Ekuador untuk menggedor pertahanan Cile berbuah manis pada menit ke-26. Pelanggaran terhadap Jhegson Mendez di kotak penalti menghasilkan penalti buat La Tricolore.

Enner Valencia, yang ditunjuk sebagai algojo tendangan penalti tersebut, mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Bola meluncur deras ke dalam gawang  Cile tanpa bisa dihalau kiper Gabriel Arias. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan imbang, 1-1.

Memasuki babak kedua, Cile kembali mencoba mengendaikan laga. Sejumlah peluang didapatkan oleh La Roja pada 10 menit awal babak kedua. Puncaknya, Cile mampu kembali unggul lewat torehan Alexis Sanchez pada menit ke-51. Penyerang Manchester United itu melepaskan tendangan melengkung dan mengarah tepat ke pojok gawang Ekuador.

Gol Sanchez ini menjadi gol terakhir yang tercipta pada laga tersebut, sekaligus memperpanjang rekor tidak terkalahkan Cile menjadi tujuh partai terakhir pada ajang Copa America. Cile mencetak 21 gol dan kebobolan tiga kali.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA