Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Lewat Mural Anies Ingin Pejalan Kaki Dapat Pengalaman Baru

Jumat 21 Jun 2019 16:58 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Indira Rezkisari

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Terowongan Jalan Kendal saat berlangsungnya kegiatan mural menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta, Jumat (21/6).

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan di Terowongan Jalan Kendal saat berlangsungnya kegiatan mural menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta, Jumat (21/6).

Foto: Republika/Mimi Kartika
Anies harap lebih banyak sisi Jakarta diberi mural.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan mural di dinding Terowongan Jalan Kendal memberikan pengalaman baru bagi para pejalan kaki. Bahkan, ia berharap mural akan diadakan lagi di sejumlah dinding di Ibu Kota.

"Nantinya kita berharap seperti ini akan ada di berbagai tempat di Jakarta sehingga lokasi-lokasi di Jakarta memberikan pengalaman yang baru," ujar Anies di lokasi, Jumat (21/6).

Ia menyaksikan langsung perjanjian kerja sama antara Pemprov DKI, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Universitas Paramadina, dan iMural atas terselenggaranya mural di Terowongan Kendal. BRI sebagai sponsor dan beberapa mahasiswa dari Universitas Paramadina bekerja sama dengan iMural yang melukisnya.

Anies ingin Terowongan Kendal ini menjadi tempat mengekspresikan seni dan budaya yang memberikan pengalaman baru bagu warga Ibu Kota. Setelah diubah fungsi Terowongan Kendal dari jalur kendaraan menjadi jalur khusus pejalan kaki.

Dalam setiap kesempatan, Anies selalu menyebut bahwa transportasi utama yang semua orang miliki adalah kaki. Untuk itu, ia mengatakan ingin mengutamakan pembangunan jalur pedestrian dibandingkan jalur kendaraan.

"Sekarang diubah (pembangunan fasilitas transportasi), nomor satu adalah fasilitas untuk pejalan kaki, untuk sepeda, kendaraan umum, baru kendaraan pribadi, jadi kebaruan," kata Anies.

Apalagi, lanjut dia, di kawasan Dukuh Atas ini menjadi kawasan integrasi antarmoda. Mengingat lima moda transportasi menaikturunkan penumpang di satu kawasan tersebut.

Diantaranya kerete rel listrik (KRL) Jabodetabek, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, Transjakarta, kereta bandara, dan menyusul Lintas Rel Terpadu (LRT) Jobedebek. Belum lagi bus umum yang juga melintas di Dukuh Atas.

Mural di Terowongan Kendal menjadi rangkaian acara memeriahkan HUT ke-492 DKI Jakarta. Hingga Jumat siang, sudah ada gambar yang menampilkan tema Wajah Baru Jakarta.

Gambar tersebut menampakkan tiga wajah, dengan satu orang mengenakan ikat kepala merah putih. Ada pula ikon kesenian khas Betawi, ondel-ondel, yang juga mengenakan baju adat betawi berupa selendang bermotif tumpal dan ikat pinggang berwarna hijau.

Sementara di sisi kirinya, tampak rangkaian kereta MRT. Selain itu, juga terlihat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) kekinian yang melintang di gambar itu disertai pepohonan hijau yang menjadi latar lokasi dari orang-orang yang dilukiskan tersebut.


Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA